#BesokSenin: Malu Jadi Orang Bodoh

2 min read

shy illustration

Awal minggu dimulai dengan sakit. Gara-garanya bersepeda saat hujan. Masuk angin, lalu demam ikut-ikutan. Padahal ya, sejak minggu lalu saya mulai lagi konsumsi vitamin, eh ternyata masih bisa sakit juga.

Jangan-jangan Corona…

Sempat takut juga, tapi karena saya generasi milenial, setelah melakukan self diagnose, saya putuskan bukan Corona! 😋

Kurang-kurangin self diagnose, langsung ke ahlinya aja!

Lah emang kenapa!! Suka-suka generasi milenials dong!

Ok milennial. 🤓


Alasan tikus sering mati terlindas. 🐀

Saya punya teori kenapa kita lebih sering nemuin tikus mati kelindas dengan isi perut berburai di tengah jalan dibanding hewan-hewan lain. Teori pertama, tikus-tikus itu emang niat bunuh diri.

Tikus adalah hewan yang dianggap hama oleh petani, tikus juga bukan hewan peliharaan, di rantai makanan dia juga ada paling bawah, sering dimangsa ular. Di kondisi seperti itu setelah self diagnose dan hasilnya stress dan depresi merasa tak berguna dalam hidup, tikus memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di tengah jalan.

Teori kedua saya adalah penglihatan tikus saat gelap tidak sebagus kucing. Jadi saat mau nyebrang jalan, mereka nunggu kendaraan lewat dulu, biar agak terangan, sialnya mereka gak jago dalam timing, akhirnya berakhir jadi tikus geprek.


Heartwarming Movie

Biarpun lebih sering di rumah, saya jarang nonton film, yang saya rutin nonton selama pandemi ini adalah Ahiru no Sora, anime tentang basket. Kadang re-watch anime bagus yang pernah saya nonton, tapi di bagian-bagian epic nya saja.

Jumat kemarin akhirnya nonton film full, judulnya Bunny Drop, versi live action dari anime yang berjudul Usagi Drop. Saya sudah nonton animenya sejak 2 tahun lalu dan baru tahu kalau ada live actionnya setahun setelahnya.

Saya orang yang gak nonton live action kalau sudah nonton animenya, begitupun sebaliknya. Biarpun visual yang berbeda, feel nontonnya pasti gak jauh beda. Jadi buat apa.

Bunny Drop pengecualian, karena ini jenis tontonan yang heartwarming. Seorang lelaki paruh baya, yang merawat anak kakeknya yang baru saja meninggal, setelah keluarga besarnya tidak ada yang mau merawat anak itu. Struggle nya adalah mengurus anak ini, memasukan dia kesekolah dan masalah-masalah anak kecil lainnya.

Usagi Drop – Bunny Drop Live Action

Pemeran live actionnya gak kalah menarik, ada Kenichi Matsuyama dan Mana Ashida yang kawaii. Sekarang udah remaja sih. Tetap kawaii.


Insight baru soal privilage

Di salah satu episode Thirty days of lunch yang terbaru, narasumbernya adalah Edward Suhadi. Saya tau dia di film Cek Toko Sebelah, yang berantem soal tomat itu buah atau sayur. Belakangan orang ini bagi saya menginspirasi. Cara pandangnya menarik.

Nah di episode itu dia sempat bahas soal privilage. Menarik banget menurut saya, karena saya termasuk orang yang keliru memaknai privilage ini. Saya pengen bahas itu di post tersendiri, tapi kalo ada yang mau dengar bisa langsung disini.

Episode 19 – Thirty Days of Lunch Podcast

Malu jadi orang bodoh.

Kadang ya, saya merasa malu karena pengetahuan saya yang kurang luas. Jadi kayak lagi di tengah laut gitu, terombang-ambing. Baru baca dikit udah sok tau, terus baca dikit lagi, pendapatnya langsung berubah.

Mungkin ini yang namanya proses belajar kali ya. Tapi jujur ini bikin saya agak minder, beberapa kali saya diundang untuk memberikan materi di organisasi mahasiswa, saya selalu beralasan gak bisa. Udah online pun tetap masih cari alasan. Padahal sejak masih mahasiswa, saya rutin hadir.

Ya itu, mulai sadar ilmu saya gak banyak, masih perlu banyak belajar lagi. Di Twitter pun sama, kadang ada topik bagus yang lagi dibahas, pengen ikutan tapi ilmu saya baru sebatas di kata pengantar doang, daftar isi aja belum.


Ternyata sama saja.

Udah males, tapi masih ngikutin sih soal politik. Jadi anaknya Jokowi mau nyalon jadi walikota dengan modal ke-uwu-an Jan Ethes. Gak apa-apa sih, bebas. Cuma ya… ngapain? nyari apa sih? hadeuuh…

Belakangan saya emang udah hilang respect sama keluarga wido2 ini, udah berubah aja. Emang dari awal milih beliau biar om Bowo gak jadi, eh sekarang malah jadi sekubu. yaelah.


Minggu ini, itu aja sih. Selamat berawal pekan.

4 Replies to “#BesokSenin: Malu Jadi Orang Bodoh”

  1. Menarik juga konsep blog lo yang sekarang ini. Templatenya juga keren banget, gue suka! Jadi kayak berasa baca newsletter Catch Me Up! hari Senin haha

    1. Emang terinspirasinya dari Catchmeup! man. Menarik banget konsepnya. Selain itu udah gak punya nafas buat nulis panjang, jadi dikit-dikit tapi banyak topik aja. ahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.