Uang adalah hal yang sangat penting untuk membuat kita dapat bertahan hidup di dunia. Tujuan dari sekolah dan bahkan melakukan aneka kerja salah satunya adalah untuk mendapatkan dan memenuhi banyak uang untuk bisa bertahan hidup dan memenuhi banyak kebutuhan yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karenanya, dapat mengatur keuangan dengan baik merupakan salah satu faktor yang penting agar kita dapat mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan. Agar kita dapat memastikan uang yang kita dapatkan dapat dialokasikan sesuai dengan kebutuhan termasuk untuk menabung dan dana darurat tanpa kekurangan, manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan. Nah, untuk itu, mari kita pelajari bagaimana cara mengatur keuangan dengan manajemen yang baik agar keuangan kita tidak selalu minus setiap akhir bulan.

Kita tentunya memiliki banyak cita-cita. Baik cita-cita jangka panjang maupun jangka pendek. Banyak cita-cita yang membutuhkan uang untuk mewujudkannya, misalnya berlibur, membeli gadget baru, dan sebagainya. Kita juga tentunya ingin hidup dengan nyaman kelak di hari tua. Memiliki tabungan yang cukup untuk hidup, dapat membeli rumah tinggal yang nyaman, dan memiliki asuransi kesehatan yang memadai. Untuk mengatasi hal tersebut, kunci utama adalah pada mengatur keuangan dengan baik. Di sini kami ulas lima cara mudah mengatur keuangan yang dapat dilakukan siapa saja. Cara mengatur keuangan yang tidak memberatkan dan tetap membuat kita dapat menikmati hasil jerih payah kita sehingga tidak membuat stres. Lalu, apa saja ya caranya? Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut 5 cara mengatur keuangan mudah yang dapat Anda pelajari.

menabung flat design

  1. Paksa diri Anda untuk menabung

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memaksa diri Anda untuk menabung. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menabung. Anda dapat menabung dengan cara tradisional ataupun cara modern di bank. Anda bisa saja menabung dengan cara tradisional. Cara ini terbukti cukup efektif untuk sebagian orang. Namun, menabung dengan cara tradisional memiliki banyak kelemahan. Kelemahan tersebut terutama jika kita tergoda untuk menggunakan tabungan kita untuk membeli sesuatu. Jika hal tersebut terjadi, akan sangat mudah untuk mengambil uang dari tabungan tradisional dalam bentuk celengan.

Selain menabung dalam celengan, Anda juga dapat menabung melalui bank dengan banyak fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Cara menabung dengan menggunakan fasilitas layanan bank akan jauh memudahkan Anda dan mencegah Anda untuk terpikat dengan tabungan Anda. Hal ini karena ada layanan tabungan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah tabungan yang tidak dapat diambil selama jangka waktu tertentu. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menekan keinginan mengambil uang tabungan. Selain itu, ada juga layanan potongan langsung yang secara otomatis akan memotong uang Anda dalam tabungan setiap bulannya dalam jumlah dan jangka waktu tertentu untuk ditabungkan ke rekening lain misalnya rekening deposito. Menarik bukan? Walaupun awalnya Anda merasa berat dan terpaksa, namun, Anda akan merasakan hasilnya kelak.

Ceklist flat design

  1. Buat daftar keperluan dan tentukan prioritas

Cara yang kedua adalah membuat list kebutuhan bulanan. Mencatat apa saja yang kira-kira diperlukan untuk satu bulan ke depan merupakan salah satu cara untuk berhemat. Hal ini terutama jika kita memiliki gaji yang terbatas. Jika memungkinkan, akan sangat baik jika Anda juga menuliskan kisaran harganya, sehingga kisaran biaya yang dibutuhkan dapat terlihat. Setelah melakukan pencatatan kebutuhan yang ingin dibeli pada bulan depan, kini Anda tinggal menyesuaikan pengeluaran yang akan Anda lakukan dengan gaji Anda yang sudah dipotong untuk menabung. Apakah cukup atau tidak. Jika tidak, kita bisa menentukan skala prioritas sehingga kita tidak akan mengalami kekurangan finansial. Utamakan hal yang sangat diperlukan atau urgent. Kebutuhan yang harus dipenuhi seperti pembayaran tagihan bulanan, makanan sehari-hari, kebutuhan habis pakai seperti make up, peralatan mandi dan laundry, serta biaya transportasi. Jika setelah dikurangi hal-hal penting tersebut Anda masih memiliki sisa uang, maka dana tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli kebutuhan sekunder ataupun tersier.

Jika Anda membutuhkan barang dalam waktu cepat namun alokasi dana tidak memungkinkan, Anda sebenarnya dapat juga mencari pinjaman seperti pinjaman tanpa agunan dan berbagai jenis pinjaman lainnya. Hanya saja, Anda harus perhatikan apakah Anda memiliki kemampuan untuk mengangsur pinjaman Anda setiap bulan. Hal ini karena telat mengangsur akan memberikan kerugian. Kebanyakan lembaga peminjaman uang seperti bank dan lainnya akan memberikan penalti yang cukup tinggi untuk keterlambatan pembayaran.

132831-OS6W5D-68

  1. Beri reward pada diri Anda jika berhasil berhemat

Memberikan reward pada siapa saja yang telah berhasil bekerja keras adalah hal yang sangat penting. Hal ini membuat orang yang bekerja keras merasa dihargai dan kerja yang dilakukan tidak terlalu menekan dan membuat stres berkepanjangan. Begitu pula jika Anda berhasil mengatur keuangan Anda. Beri reward pada diri Anda jika Anda berhasil mengatur keuangan dengan baik. Misalnya saja, jika Anda berhasil menabung sampai dengan jumlah tertentu atau dalam jangka waktu tertentu. Beri reward pada diri Anda dengan menyisihkan sebagian tabungan Anda untuk liburan ke tempat yang Anda inginkan. Dengan demikian, kerja keras Anda dapat terbayarkan dengan hal yang menyenangkan dan dapat melepas stres sejenak.

Saving money flat design

  1. Jangan paksakan hal yang justru memberatkan keuangan Anda

Memperoleh dana cepat sangat mungkin untuk dilakukan. Jika kita butuh uang dalam jumlah banyak untuk keperluan yang mendesak, Anda dapat dengan mudah mencari tempat pinjaman uang. Namun, ada satu hal yang perlu Anda tanamkan. Pinjamlah uang hanya jika Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut. Jika tidak, lebih baik hindari hal tersebut. Jangan memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang sebenarnya dapat diganti dengan hal lainnya yang lebih terjangkau. Hal ini biasanya karena faktor pergaulan yang terlalu tinggi. Jangan berusaha menyesuaikan diri dengan gaya hidup kelas atas jika memang belum mampu agar Anda tidak defisit setiap bulannya.

112941-OOMO0B-332

  1. Optimis, semua akan indah pada waktunya

Agar Anda tidak patah semangat, optimis merupakan  hal yang diperlukan. Menabung dan mengatur keuangan adalah hal paling mudah agar Anda dapat segera mapan selain memiliki usaha sampingan dan naik jabatan tentunya. Percayalah apa yang Anda kerjakan saat ini akan berbuah manis di masa yang akan datang. Fokus pada tujuan Anda melakukan hal tersebut dan jangan mudah menyerah. Tahan hasrat Anda untuk mencapai tujuan yang lebih besar nantinya.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengatur keuangan yang disampaikan di atas? Setiap orang dapat dengan mudah melakukannya. Hanya saja kemauan untuk melakukan hal tersebut yang dirasa sangat berat. Berhemat merupakan cara yang mudah namun, sering kali gagal dilakukan. Mari mulai berhemat dan atur keuangan dengan baik mulai dari sekarang agar kita dapat hidup lebih baik kelak di masa depan.


Sumber Gambar: freepik

Iklan

One thought on “5 Jalan Sukses Mengatur Keuangan

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s