Flip: Gratis Biaya Transfer Antar Bank

Sebulan yang lalu di tempat kerja saya, kami beramai-ramai membuat rekening baru di bank yang sama agar lebih mudah untuk pentransferan gaji. Alasan utamanya karena biaya transfer antar bank yang mulai dianggap membebani, karena akun bank kami yang berbeda-beda. Akhirnya kami membuka rekening di salah satu bank syariah,  yang menurut saya sama saja, kalo transfer ke bank lain juga ada biaya potongan. Saya pikir karena syariah jadi semuanya gratis. hahah.

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan tentang biaya transfer, bukan karena sok kaya tapi ya karena miskin jadi jarang transfer duit ke rekening lain. Apa yang mau di transfer coba. 😦

Tapi kalo dihitung-hitung uang yang dikeluarin untuk biaya transfer sejak saya pertama kali punya rekening di bank ternyata lumayan besar juga. Buat beli Indomie bisa menghidupi 2 anak kost selama sebulan. Tapi kan kita emang gak punya pilihan lain, aturan perbankan ya gitu. Jadi ya terima aja… hingga muncullah Flip.

Logo Flip

Di rubrik pertama #StartupPedia ini saya akan membahas sebuah startup yang menurut saya menarik karena layanannya benar-benar sangat diperlukan. Flip simpelnya adalah platform yang bisa digunakan untuk mentrasfer sejumlah dana ke rekening bank yang berbeda tanpa ada biaya transfer sepeserpun.

Seperti yang saya bahas di awal, biaya transfer yang sekitar Rp6.500 per transaksi itu mungkin gak seberapa, tapi kalo kita termasuk orang yang sering melakukan transfer dan kebanyakan ke bank yang berbeda dari bank kita, jika di total jumlahnya lumayan juga. Disinilah Flip hadir sebagai perantara.

Flip-Mekanisme-Ilustrasi-from-techinasia com
sumber: id.techinasia.com

Jadi saat uangnya sampai ke si penerima, mereka dapat transfer bukan dari rekening kita tapi dari rekening Flip, nanti di kolom beritanya akan ada pesan untuk si penerima bahwa itu transfer dari kita. Nah! pertanyaannya… ini jadi kebingungan saya di awal waktu tahu tentang startup ini. Mereka dapat untung darimana?

Sebagai perantara Flip juga tetap harus membayar biaya transfer saat memakai rekening mereka. Sedangkan pengguna tidak perlu membayar apapun dan tidak ada potongan dalam transaksi.  Jadi darimana mereka dapat uang?  dalam wawancara di web tekno.liputan6.com januari 2016, ketika ditanya Flip dapat keutungan darimana?

“Flip telah memiliki revenue (keuntungan) dari penggunaan API kami oleh perusahaan lain.”

Nah gituuuu ternyataa….. tapi jangan tanya saya API itu apa. HAHA! Saya saja kadang kalau lagi rapat sama tim Programmer kalo mereka lagi bahas API gak ngerti. Tapi kalau dibilang itu bisa menghasilkan uang? iya bisa.

Bisnis model Flip lainnya ada pada layanan Big Flip mereka yang menyasar perusahaan/usaha perorangan. Mereka akan menarik biaya transfer tapi tidak sebesar bank.

Big Flip
Sumber: flip.id

Konsep layanan Flip ini menurut saya menarik tapi sepertinya tidak akan ada selamanya, bagaimana jika suatu hari nanti biaya transfer antar bank benar-benar dihapuskan? dan benar saja.. Menteri BUMN akan memulainya dengan bank-bank pemerintah:

Dalam wawancaranya dengan tekno.liputan6.com, Flip mengatakan sedang menggarap e-Money, agar layanannya bisa lebih luas pasarnya. Yah, semoga saja Flip bisa jadi salah satu pemain dalam ranah e-Money. Walaupun untuk mendapatkan lisensi e-Money cukup sulit karena Bank Indonesia membatasinya. Go-Pay milik Go-Jek saja harus mengakuisisi PonselPay agar bisa mendapatkan lisensi mereka.

Meskipun begitu Flip adalah salah satu startup favorit saya, perjuangan mereka benar-benar luar biasa. Juli 2016, Flip sempat diminta menutup layanannya oleh Bank Indonesia karena tidak punya izin layanan pengiriman uang, mengingat transaksi yang dilayani Flip mencapai milyaran rupiah dengan jumlah pengguna puluhan ribu.

Saat ini Flip sudah punya izin dan aman menurut beberapa testimoni yang saya baca. Saya pun kemarin sudah membuat akun di Flip dan tinggal verifikasi datanya saja yang harus dilakukan di Alfamart. Proses verifikasi yang dilakukan ini adalah salah satu syarat yang diberikan Bank Indonesia ke Flip.


Mungkin besok atau lusa saya akan ke Alfamart untuk verifikasi dan mencoba menggunakan, kamu bisa juga loh bikin akun di FLIP, verifikasi dan coba deh transfer uangnya ke saya. 😂

Sumber Header: blog.flip.id

Rujukan:
 - TechInAsia: Pasang Surut Flip, Startup yang Sempat Ditutup oleh Bank IndonesiaLiputan6 : [Wawancara Khusus] Transfer Antarrekening Bank Gratis dengan Flip
Iklan

29 thoughts on “Flip: Gratis Biaya Transfer Antar Bank

  1. Bang Erick btw maksa banget itu taunnya diganti 1998. Ekekekekek.

    Tengs infonya ya, kawan2 aku jg bbrp pernah nyebut Flip kalo misal mau transfer tanpa charge. Tapi aku gatau caranyaaaa T.T

    Jadi artikel ini membantu banget. Makaaasihhhh. Nanti aku coba. 😆

  2. Startup sekarang makin banyak & makin bermanfaat deh, salah satunya ini nih. Kayaknya harus mulai coba, soalnya sering banget ada olshop yang bank-nya beda, 6.500 rupiah itu lumayan loh buat beli stiker line hahaha

  3. bener yuh buat anak kost kaya aku biaya antar bank ini lumayan membebani, kan lumayan tiap transaksi di potong 6500 bisa buat beli mie.

    startup kaya flip ini sekarang dah mulai banyak ya. selama gratis sih gpp hehehe

  4. Kudet banget, barusan tahu Flip setelah baca postingan ini TT. Apa aplikasinya bisa download di playstore juga, Bang?
    Btw, kalo misalnya bisa ngembangin e-money (pada akhirnya), pasti lebih enak tuh jadi ngga usah bawa2 dompet tebel-banyak-duit lagi kalo kemana2. Tinggal pakai Flip! Ah, mada depan cerah~~

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s