Iri banget sama orang yang punya bakat-bakat ini…

Hidup ini emang adil, tidak ada seorang pun yang bisa menguasai semua bidang. Tiap orang hanya bisa menguasai satu atau dua bidang saja. Misalkan Taufik Hidayat, dia punya bakat main badminton tapi pasti dia payah dalam hal balap karung. Soalnya yang jago balap karung itu tetangga saya namanya Zul, tiap ada lomba dia selalu menang, sebaliknya dia payah dalam hal badminton. Bedanya bakat badminton Taufik Hidayat mengantarkannya jadi pebulutangkis dunia, bakat balap karung Zul membawanya menjadi sales di salah satu dealer motor. Gak ada hubungannya memang, tapi itu hidup… kadang bakat aja gak cukup. Apalagi bakat yang gak bisa menghasilkan. Bakat jadi gak guna kalo itu gak ngasilin uang.

Ngomong-ngomong soal bakat dan kemampuan, saya kadang iri loh kalo orang punya beberapa bakat yang kayaknya kalo saya yang lakuin kok susah banget. Kadang bakat-bakat receh kayak punya si Zul. Ada beberapa bakat dan kemampuan yang kayaknya banyak orang menguasai tapi saya gak bisa dan ada juga yang ingin saya pelajari. Bakat dan kemampuan kayak…

1. Renang

swimming - berenang - flat design - shutterstock

Ya…. saya gak bisa renang. Tapi paling suka main air. Tiap hari saya buang air, dari air yang encer sampai air yang kental. Waktu kecil kalo rekreasi keluarga pasti kalo gak ke kolam renang ya ke pantai. Karena liburannya cuma setahun sekali jadi saya belajar renangnya setahun sekali juga. Kapaan bisanya…! Jadi dulu kalo main ke pantai cuma dipinggir kolamnya aja, kalo pun berani ke tengah kolam, itu lagi di kolam anak-anak.

Pernah suatu kali waktu SMA ada ujian praktek renang… ini adalah ujian gak jelas. Kita belum pernah dikasih pelajaran renang tapi kok ada ujiannya. Alhasil sudah bisa ditebak hasilnya, saya dapat nilai paling bawah. Teman-teman saya yang lain dinilai dari gaya terjun dan gaya renang, saya dinilai dari gaya batu… berapa lama saya bisa tahan napas di dalem air. Iya gitu….

👴: Zaenudin… bersiap! Hmmm… gaya terjun bagus, gaya renang bagus. Oke next! Erick!

👶: Siap! tapi saya gak bisa renang pak…

👴: Lah! Terus gimana cara saya nilainya!

👶: ………. *diem*

👴: Yasudah… kamu turun ke kolam. Tahan napas 5 menit.

👶: Siap!

Akhirnya hari itu saya dan 2 teman cewek yang juga gak bisa renang dinilai dari bisa tidaknya tahan napas dalem air. Nilai saya tambah dikurangin karena ternyata saya hanya bisa tahan napas 30 detik. Ku menangus… 😦

Hingga kini saya tetap gak bisa renang, kemaren diajakin ikut lomba tracking sama  teman. Yang saya tanyakan lebih dulu itu lewatin sungai atau gak? kalo lewatin sungai saya takut hanyut. Kalo kenangan pahit yang hanyut sih gak apa-apa…

2. Motoran

Rider - motor - pembalap - flat design - shutterstock

Oke, silahkan tertawakan sepuasnya……..

Udah?

Saya bukannya gak bisa naik motor sih, cuma emang kayaknya dulu gak ada motor yang bisa dipake buat latihan. Motor di rumah milik Om saya waktu itu jenis RX King yang kalo saya yang naik jadi mirip anak TK yang siap-siap dibocengin kakeknya ke sekolah. Kalo dulu udah banyak motor matic kayak sekarang mungkin sekarang saya udah jago motoran. Udah jadi ojek online.

Saya juga punya pengalaman sih sama kendaraan ini, pernah terjadi suatu kecelakaan lalu lintas besar yang membuat saya trauma. Bukan kecelakaan besar sih, gak ada motor yang saling tabrak, gak ada korban jiwa. Yang ada hanya seorang anak tolol yang baru belajar naik motor nabrak mobil yang lagi parkir. Akhirnya anak tolol itu jadi males belajar naik motor lagi.

Tapi saya akan tetap belajar naik motor, nantilah kalo udah punya 4 mobil.

3. Desain

desainer - flat design - shutterstock

Saya tiap lihat gambar bagus di internet, flyer-flyer keren suatu produk sering bertanya, gimana bikinnya ya. Pasti pakai aplikasi bagusss dan premium. Saya ingin sekali belajar membuat gambar-gambar seperti itu, namun apa daya aplikasi yang paling canggih di komputer saya hanyalah paint.

Keinginan untuk belajar desain hanya bisa dipendam karena gak punya laptop yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan akses internet yang susah. Tapi kemudian akhirnya saya bekerja di tempat yang dimana saya punya job desc untuk membuat konten-konten marketing di sosial media. Keinginan untuk belajar desain pun datang lagi… sekarang alat-alatnya udah ada. Tinggal eksekusi….

eh ternyata bikin desain yang diperlukan bukan cuma kemampuan menjalankan aplikasi. Ada satu lagi yang penting untuk membuat sebuah desain…..Kreatifitas.

4. Koding

programer - koding - flat design - shutterstock

Nah ini nih yang saya sedang pelajari akhir-akhir ini. Saya pernah cerita tentang event startup untuk presentasi ide (baca disini), saya sulit mewujudkan ide itu karena saya gak bisa bikin webnya, karena untuk bikin web harus punya kemampuan ngoding. Makanya project web itu gak jadi-jadi sampai sekarang.

Dulu waktu lulus SMA sebenarnya saya disuruh mengambil jurusan Teknik Sistem Informasi, tapi emang gak jodoh dan waktu itu saya gak jago maen komputer kecuali main ZUMA akhirnya saya masuk di jurusan saya waktu SMA, akuntansi. Saya suka akuntansi, orang bilang akuntansi itu rumit, tapi saya suka kerumitannya apalagi kalau debet dan kreditnya gak seimbang dan harus memeriksa semuanya dari awal lagi.

Belajar koding ternyata miriplah sama akuntansi, kalo ada kode yang salah programnya gak jalan dan kita harus meriksa lagi satu persatu kodenya. Belajar koding secara otodidak ternyata susah susah susah mpang, yang dibutuhkan itu kedisiplinan, mau latihan tiap hari.

Saat ini saya belajar dari 3 web sekaligus,

  • Sekolah Koding (sekolahkoding.com) untuk belajar dari awal banget… cara belajarnya lewat video sih. Jadi kayak tutorial-tutorial di youtube tapi versi lengkap dan belajarnya bagian per bagian.
  • Codepolitan (codepolitan.com) situs yang tadinya saya pikir hanya situs portal informasi untuk programer ternyata ada fitur belajarnya juga. Ada ngoding interaktif gitu langsung di webnya.
  • SoloLearn (sololearn.com) situs ini juga ada versi aplikasinya, mirip kalo kita belajar bahasa inggris di Duolingo, ada chalenge-chalenge nya gitu. Terus bisa juga bertanding ngoding bareng teman programer dari seluruh dunia.

Sempat mikir, belajar hal-hal baru apa gak telat untuk saya. Maksudnya… kalo dilihat banyak dari teman-teman saya yang sudah tau apa karirnya. Bahwa dia punya bakat disitu maka dia menekuni bidang itu. Sedangkan saya sepertinya masih mencari dan kalau mau dibilang saya tertarik dengan banyak hal.

Sekarang sih emang lagi ngatur waktu banget untuk belajar, karena waktu belajarnya hanya diatas jam 11 malam setelah semua urusan bertahan hidup ini selesai. Tapi ya.. seperti halnya hubungan dua anak manusia yang masih belum saling yakin. Jalanin aja dulu……

Kalo kamu, ada gak bakat yang pengen banget kamu pelajari? Bakat apa tuh? 😀

Sumber Gambar: Header: Pixabay.com
Post: Shutterstock.com
Iklan

30 thoughts on “Iri banget sama orang yang punya bakat-bakat ini…

  1. Pengen belajar mainkan alat musik. Pengeeen banget.
    Pengen belajar jahit sampe bisa buat baju. Pengeeen banget.
    Aq gak pengen yg muluk2 koookkk…
    Dua bakat itu aja pun yg aq pengen bangeeeeettt…

    Tapi g pernah terealisasii.

  2. Saya sih sukanya nulis. Koding juga tertarik. Cuma gokusnya nulis aja karena mudah menurut saya. Klo koding sebenarnya punya basicnya, cuma laptop saya jadul untul menginstall semua aplikasi software pembuat program terbaru.

  3. AKu pengen punya suara bagus dan bisa main biola.
    tapi ada keinginan yang leih tinggi yaitu ingin bisa hafal quran 30 Jua, Iri rasanya lihat para hafiz yang hapal quran 🙂

    1. Hahaha saya juga mikirnya gitu, kok susah banget kayaknya saya yang lemot. tapi kayaknya bukan karena itu, saya merasa kurang disiplin belajarnya. kalau belajarnya seminggu sekali ya susah. haha 😀

  4. Saya iri sama orang yang jago renang. Pengen nikmatin renang dipantai, tapi pake pelampung aja susah, kebawa arus.😂
    Pengen juga bisa design, soalnya kalo liat pemenang lomba lomba ngeblog, design gambarnya bagus bagus. Tapi apalah daya diri ini, pas SMA disuruh gambar lemari aja cuman dapet 65 hahahah😂😂

  5. Klo saya iri sama yg bisa nyanyi padahal saya udah sering latian waktu kuliah di paduan suara tapi klo lagi nyanyi sendiri suka dibilangin suaranya melengking kek nenek2 kejepit >> kecewa hayati :/

  6. desain sama koding juga gue pingin bisa tuh, lumayan kan punya skill untuk membangun dinasti digital. wahahaha, seharusnya dimanfaatin tuh rx king nya, biar macho. gapapap gajoga motor-motoran, nanti jagonya mobil-mobilan 🙂

  7. Kalau saya sih iri bgt sama yg berbakat nomor 1:: renang. Udah belajar sama adek, tetep ajah takut. Tiap ke kolam renang selalu sewa ban. Alibi buat ponakan, padahal buat diri sendiri. Hiah. Padahal udah beli baju renang kece di priceza.co.id yah gaya tak sepadan dengan kostum kece.
    Eniwei…udah berhasil ngodein mas?

  8. waadddeezzingh punya teman juga gue akhirnya, ga bisa renang dan ga bisa naik motor. Tapiii itu dulu hihi. Semuanya berubah ketika saya nekat memutuskan untuk menikah. Mulai bisa berenang dan agak sedikit ngawur ketika naik motor…

    anyway belajar ngoding ini yang dari dulu kepengen tapi males memulai. Terima kasih info link buat belajar ngodingnya mas.

    Salam..

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s