5 Hal yang Membuat Introvert tidak nyaman di Media Sosial

1 min read

Saya mengenal internet baru saat kelas 3 SMA, saat beberapa teman sudah heboh tentang mIRC saya bahkan baru mengenal waptrick, situs download game di hape. Saat itu saya bahkan tidak mengenal Google. Sekarang zaman terus berkembang, internet bukan layanan mahal lagi, semua orang bisa mengaksesnya. Media Sosial pun semakin beragam dengan berbagai layanannya.

Saya punya akun di beberapa sosial media, tapi tidak semuanya saya gunakan. Karena tidak tau gunanya apa dan sebenarnya beberapa hal di media sosial membuat saya tidak nyaman sebagai seorang introvert. Seperti….

1. Oversharing

Semua membagikan momentnya di media sosial, bahkan hal-hal yang paling pribadi, putus cinta misalkan.Saya sebenarnya senang membaca cerita-cerita baru dari teman facebook atau twitter, cerita yang bisa saja menginspirasi atau sekedar menghibur. Tapi beberapa dari mereka kadang terlalu berlebihan. Saya sendiri jarang membuat post di facebook, di twitter saya sering mengomentari beberapa hal tapi tak pernah berbagi hal yang bersifat pribadi, terlalu terbuka membuat saya tidak nyaman.

2. It Makes Socializing in Real Life More Difficult

Selalu ada perasaan awkward jika bertemu dengan teman lama di suatu event atau sekedar berpapasan di toko buku atau restoran. Perasaan itu ada karena tidak ada topik baru yang harus di obrolkan. Karena hal-hal yang bisa jadi bahan obrolan sudah diketahui lewat media sosial, tentang pekerjaan barunya, tentang pasangannya, tentang gadget barunya. Sama halnya kopdar dengan teman maya, jika semua hal sudah di obrolkan secara online, akan aneh ketika dibicarakan lagi di dunia nyata. Sulit.

3. Hashtags

#Saya #tidak #paham #kenapa #orang #selalu #menggunakan #banyak #hastags #di #tiap #postingan #facebook #instagram #atau #twitternya. #Terlalu #banyak #hastags #membuat #saya #pusing.

4. How Paranoid You Get When Someone Unfriends You

Pernah saya berkata real friends itu di dunia nyata, bukan di dunia maya. Tapi dunia maya saat ini sudah jadi bagian dari hidup kita. Saya tidak memperdulikan jumlah followers tapi jika berkurang, saya berharap itu adalah orang yang tidak saya kenal. Akan menjadi rumit ketika yang meng-unfriend atau unfollow adalah seseorang yang dekat dengan kita di dunia nyata atau di dunia maya. Akan banyak pertanyaan kenapa dia memutuskan pertemanan? apakah saya memposting sesuatu yang menyinggungnya atau menyakitinya? hal-hal yang itu akan terus bising di kepala dan itu sangat mengganggu.

5. Group Chat Notifications

Saya tidak punya banyak grup chat, hanya ada beberapa dan itu pun sudah saya bisukan untuk setahun. Saya bukanya tidak suka berdiskusi di grup, hanya saja notifnya yang selalu muncul membuat saya agak terganggu. Beberapa mungkin perlu karena saya mengikuti diskusinya, tapi jika tidak saya akan membisukannya.


referensi: THINGS ABOUT SOCIAL MEDIA THAT MAKE ME UNCOMFORTABLE AS AN INTROVERT
Pic: pixabay.com

Buku untuk para Introvert.

Buku ini wajib dibaca para Introvert.
erickparamata
1 min read

My weekend is all BOOKed

Cozy + smell of coffee – alarm clock = Weekend Akhir pekan lagi, saya pikir tidak ada orang di dunia ini yang membenci akhir...
erickparamata
54 sec read

Resolusi seorang introvert

Selamat tahun baru!! New year, new me! #pfft Saya percaya resolusi tidak untuk mengubah diri kita, banyak yang membuat resolusi untuk menjadi orang baru...
erickparamata
1 min read

10 Replies to “5 Hal yang Membuat Introvert tidak nyaman di Media…”

  1. Saya juga introvert. Punya facebook doang. Itupun jarang update status. Nggak suka aja. Tapi klo blog bisa update 3 kali seminggu. Soalnya dah punya banyak follower blognya ha ha ha…….

  2. HEH! AMPUN YA.

    #AKU #CUMA #PAKE #SATU #HASHTAG #AJA #KOK

    kalo difacebook iya. ada tuh yg sampe cerita kalo suaminya slingkuh dan anaknya bentar lagi mau brojol. halah.

  3. baru” ini saya dimasukin ke salah satu grup di media sosial.
    itupun saya sebenernya mau nolak. tapi ya gaenak juga mau ngomong secara lgsg. Krn saya takut ntar di grup gak bisa ngomong apa” dan ternyata yg sy khawatirkan kejadian juga. yah jadi nya saya cuman bisa Silent reader aja di grup :’v

  4. wah, aku justru tipikal introvert yang lebih suka bersua di medsos. sebab apa yang ingngin kita perlihatkan ke orang lain bisa dibendung. apa ya, kalau ngobrol dan ketemu langsung kadang kita gak bisa menghindar dan mengelak dari pertanyaan2 yang bersifat sangat personal. aku gak suka garis batas personalku dilangkahi orang lain selain diriku sendiri soalnya.

    dan kalau perkara orang lain yang over mengumbar personality diri, yaudah unfriend aja. as simple as that hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.