Berburu Buku di #Harbolnas

Sudah masuk tahun ke-4, tapi baru tahun ini saya antusias dengan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Mungkin di 2016 ini saya beberapa kali membeli barang secara online dan memang ada keuntungannya membeli secara online karena harganya bisa lebih murah daripada beli di toko. Walaupun untuk ongkos kirimnya kadang agak mahal, khususnya pengiriman ke wilayah sulawesi dan sekitarnya.

#AksiBelaDompet yang jatuh pada tanggal cantik 1212 ini akan menjadi aksi yang ditunggu setelah #AksiBelaIslam di tanggal 212. Tapi saya berharap para aktor #AksiBelaDompet ini gak ditangkap Polisi atas tuduhan makar, tapi diberi penghargaan karena telah menyelamatkan dompet rakyat Indonesia di akhir tahun.

HARBOLNAS yang biasanya berlangsung 3 hari ini akan menawarkan harga-harga terbaik dari ratusan e-commerce dan marketplace Indonesia. Tentu gak semua barang mereka akan diberi potongan harga, hanya barang-barang tertentu saja. Sedangkan saya untuk HARBOLNAS tahun ini mengincar Buku.

Bulan Desember, akhir tahun gini sebenarnya banyak toko buku online yang memang memberikan potongan harga besar. Bahkan Gremedia pun sering mengadakan cuci gudang dengan mengadakan bazar yang harganya serba Rp5.000 atau Rp10.000. Tapi sepertinya lebih menarik menunggu diskon saat HARBOLNAS. Semalam saya pun mulai menjelajahi toko-toko buku online.

Hasilnya agak mengecewakan. Pertama, paket buku yang saya incar ternyata tidak di diskon (Saya mengicar buku Dilan 1-3). Kedua, buku-buku terbitan Gramedia yang dijual di gramedia.com di diskon 70%, sialnya adalah pembayaran tidak bisa dengan Bank Transfer tapi bayar pake eMoney atau kartu kredit. Kalo pun bisa lewat internet banking saya tidak punya rekening di bank-bank partner gramedia.com (maklum, saya mah setia sama rakyat, jadi pakainya Bank Rakyat. PILIH SAYA!)

Beberapa toko buku online seperti BukuKita.com, MizanStore.com dan BukaBuku.com juga memberikan diskon dalam rangka HARBOLNAS, cuma harganya gak jauh beda lah sama harga aslinya, diskonnya 10-40%. Masih lebih murah promo mereka bulan desember yang serba Rp10.000.

Gak dapat penawaran menarik, saya beralih ke toko-toko buku online yang jualannya lewat twitter atau instagram. Harga-harganya menarik, tapi saya tidak tertarik dengan judul-judul bukunya. Saya bukan tipe pembaca yang menilai buku dari sampulnya tapi menilai buku dari review dan siapa penulisnya. hahaha.

Saya jarang membeli buku yang penulisnya saya tidak kenal atau buku yang saya belum baca reviewnya di Goodreads atau review di blog-blog. Bukannya apa-apa, saya ingin baca buku yang bisa dibaca berulang-ulang tanpa ada rasa bosan, bukan buku yang sekali dibaca tapi males buat baca lagi karena gak menarik. Jadi biarpun harganya murah banget kalo gak menarik ya males aja belinya. 😏

Saya akhirnya dapat penawaran HARBOLNAS menarik di akun Twitter @BukuMojok

Bukan buku-buku best seller sih, tapi saya kenal beberapa penulisnya, sering baca tulisannya di blog atau media online seperti Mojok.co atau Tirto.id. jadi saya tau lah kualitas tulisan mereka. Lumayan 4 buku hanya Rp80.000.

Kamu sudah belanja di HARBOLNAS tahun ini? πŸ™‚

Iklan