Berburu Buku di #Harbolnas

Sudah masuk tahun ke-4, tapi baru tahun ini saya antusias dengan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Mungkin di 2016 ini saya beberapa kali membeli barang secara online dan memang ada keuntungannya membeli secara online karena harganya bisa lebih murah daripada beli di toko. Walaupun untuk ongkos kirimnya kadang agak mahal, khususnya pengiriman ke wilayah sulawesi dan sekitarnya.

#AksiBelaDompet yang jatuh pada tanggal cantik 1212 ini akan menjadi aksi yang ditunggu setelah #AksiBelaIslam di tanggal 212. Tapi saya berharap para aktor #AksiBelaDompet ini gak ditangkap Polisi atas tuduhan makar, tapi diberi penghargaan karena telah menyelamatkan dompet rakyat Indonesia di akhir tahun.

HARBOLNAS yang biasanya berlangsung 3 hari ini akan menawarkan harga-harga terbaik dari ratusan e-commerce dan marketplace Indonesia. Tentu gak semua barang mereka akan diberi potongan harga, hanya barang-barang tertentu saja. Sedangkan saya untuk HARBOLNAS tahun ini mengincar Buku.

Bulan Desember, akhir tahun gini sebenarnya banyak toko buku online yang memang memberikan potongan harga besar. Bahkan Gremedia pun sering mengadakan cuci gudang dengan mengadakan bazar yang harganya serba Rp5.000 atau Rp10.000. Tapi sepertinya lebih menarik menunggu diskon saat HARBOLNAS. Semalam saya pun mulai menjelajahi toko-toko buku online.

Hasilnya agak mengecewakan. Pertama, paket buku yang saya incar ternyata tidak di diskon (Saya mengicar buku Dilan 1-3). Kedua, buku-buku terbitan Gramedia yang dijual di gramedia.com di diskon 70%, sialnya adalah pembayaran tidak bisa dengan Bank Transfer tapi bayar pake eMoney atau kartu kredit. Kalo pun bisa lewat internet banking saya tidak punya rekening di bank-bank partner gramedia.com (maklum, saya mah setia sama rakyat, jadi pakainya Bank Rakyat. PILIH SAYA!)

Beberapa toko buku online seperti BukuKita.com, MizanStore.com dan BukaBuku.com juga memberikan diskon dalam rangka HARBOLNAS, cuma harganya gak jauh beda lah sama harga aslinya, diskonnya 10-40%. Masih lebih murah promo mereka bulan desember yang serba Rp10.000.

Gak dapat penawaran menarik, saya beralih ke toko-toko buku online yang jualannya lewat twitter atau instagram. Harga-harganya menarik, tapi saya tidak tertarik dengan judul-judul bukunya. Saya bukan tipe pembaca yang menilai buku dari sampulnya tapi menilai buku dari review dan siapa penulisnya. hahaha.

Saya jarang membeli buku yang penulisnya saya tidak kenal atau buku yang saya belum baca reviewnya di Goodreads atau review di blog-blog. Bukannya apa-apa, saya ingin baca buku yang bisa dibaca berulang-ulang tanpa ada rasa bosan, bukan buku yang sekali dibaca tapi males buat baca lagi karena gak menarik. Jadi biarpun harganya murah banget kalo gak menarik ya males aja belinya. 😏

Saya akhirnya dapat penawaran HARBOLNAS menarik di akun Twitter @BukuMojok

Bukan buku-buku best seller sih, tapi saya kenal beberapa penulisnya, sering baca tulisannya di blog atau media online seperti Mojok.co atau Tirto.id. jadi saya tau lah kualitas tulisan mereka. Lumayan 4 buku hanya Rp80.000.

Kamu sudah belanja di HARBOLNAS tahun ini? πŸ™‚

Iklan

21 thoughts on “Berburu Buku di #Harbolnas

  1. Saya masih belum punya langganan mas. Wah saya juga nggak punya kartu kredit nih klo ada diskon sampai 70%, saya juga mau borong buku.

    Maunya sih beli buku inceran haruki murakami yg baru. Kebetulan harganya murah meskipun nggak ada diskon.

  2. Gue belanjanya komik2 cemen di bukalapak yang bisa dinego sekalian gratis ongkir pake pos.. Akhir2 ini lagi hobi banget baca komik. Ini juga lagi ngincer komik fullset.. πŸ˜€

    Btw gue gak kebagian promo di gramedia, udah keburu ditutup. Kalo bukabuku emang gak niat keknya, gak ada diskon yang wah.. 32,5 persen pun tetep aja nyatanya kebanyakan 20% . Sama aja.

  3. Wah saya batal beli buku di hari Harbolnas ini sebab saya kurang suka baca Novel atau sejenis Fiksi. Dan kebanyakan yang dapat diskon adalah buku2 yang genrenya seperti itu. Saya lebih suka dengan buku yang bisa memberikan motivasi atau sekedar biografi yang bisa memberikan suntikan inspirasi hehehe. Dan sialnya kebanyakan buku-buku seperti ini tidak di diskon, kalaupun ada cuman 10% (Belum ongkirnya) hahaha.. Saya lirik ke pakaian saja lah untuk Hari Harbolnas πŸ™‚

    1. Haha padahal banyak pesan inspirasi juga loh di novel-novel, misalkan karya Pramoedya. Dan paket novel yang akan saya beli ini bukan novel, tapi pandangan-pandangan keren soal kekinian banget. #halah

  4. itu harus pake kartu kredit? ._. yaelah gak jadi deh, gak ada kartu kredit hehehe tadi juga website Gramed error gitu, mungkin kebanyakan transaksi. Padahal cuma di gramedia sih buku-buku (fiksi) impian ku di pajang :” aku belum cek di tempat lain.. Makasih ya gan udah berbagi πŸ˜‰ semoga cepat ketemu toko buku yang klop di Harbolnas ya πŸ™‚

  5. Aku hari ini belum beli apa-apa, nanti mungkin mau beli komik, soalnya aku suka baca komik yang lucu, dulu suka baca komik crayon shincan sih, pokoknya yang ceritanya lucu.

    Kalo novel kurang suka baca hehehe mumpung masih ada waktu bisa beli buku dengan harga murah.

  6. Kalo udah liat dismon bawaanya emang bikin khilaf sih. Kebetulan saya suka beli buku banyak-banyak, jadi bisa sedikit hemat deh dengan diskonnya πŸ˜€ Tapi memang sebenernya belanja online itu berat diongkirnya…

  7. Yesss Harbolans udah datang lagi, saatnya para pecinta diskon dan belanja online menyerbu online shop favorit mereka buat dapat harga yang murah haha.

    Aku juga sama sih Bang, biasanya kalau beli buku lebih tertarik ke siapa penulisnya dan apakah banyak review positif dari buku tersebut. tapi kalau semisal lagi males cari review bukunya, biasanya penilaianku langsung dari sinopsisnya aja hehe.

    Kemarin malah sempat web nya gramedia error yaa gara-gara overload pengunjung haha. Tapi lumayan deh kamu bisa dapat buku dari Mojok yang murah banget itu.

    1. Iya, gramedia.com sampe down dan akhirnya mereka menutup promonya, padahal belum 24 jam. hahaha. Gak tau deh emang barangnya udah abis atau emang gak niat ngasih diskon. soalnya harganya jadi murah banget… mungkin mereka mikir bakal rugi Hahaha

  8. Pantesan di gramedia.com harga asem manis cinta karya be cuman sepuluh ribu, ternyata karena halbirnas toh.

    Yha…..tau gitu gua langsung beli tuh buka, tapi sayang pembayarannya gk bisa ke kasir, harus online

  9. Tahun ini aku sama sekali nggak ikutan kemeriahan Harbolnas, walaupun Gramedia sedang diskon besar besaran. Tapi karena memang aku nggak pakai kartu kredit maupun e-money, jadinya satu step menuju kemeriahan Harbolnas pun berakhir.

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s