[REVIEW] StartupPedia: Membangun Startup ala Silicon Valley

Akhir-akhir ini emang lagi tertarik dengan dunia startup. Udah lama sih sebenarnya, dari awal tahun tapi fokusnya emang baru-baru ini karena kemaren sempat ikut kompetisi The NextDev dan gagal. Tapi wajar gagal karena pengetahuan saya tentang membangun startup sangat terbatas, ini dunia baru bagi saya yang jurusan kuliahnya gak ada hubungannya dengan teknologi atau internet. Maka dari itu saya perlu sebuah pegangan yang menjadi dasar saya untuk melangkah ke step-step berikutnya dan saya rasa ini buku yang tepat.

Judul Buku: StartupPedia – Panduan Membangun Startup ala Silicon Valley
Penulis: Anis Uzzaman
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman: xvi + 232 halaman
Penerjemah: Yenni Saputri
Penyunting: Ikhdah Henny

Tadinya saya pikir buku ini hanya terbit di Indonesia, ternyata buku ini pertama kali terbit di Jepang tahun 2013 dengan judul Startup Bible – Silicon Valley Way of Developing Success, katanya sempat jadi buku best seller di negeri matahari terbit itu. Tahun berikutnya, buku ini dirilis di Korea Selatan,  hingga akhirnya pada awal bulan Mei 2015 buku ini diluncurkan di Indonesia.

Startup di Indonesia kalo bisa dibilang sedang hits-hits nya, tiap bulan ada saja startup baru yang diluncurkan, tiap bulan pula selalu ada berita startup yang memperoleh pendanaan dari Venture Capital.  Tidak hanya startup nya yang menjamur, inovasi-inovasi produk mereka pun semakin kreatif untuk memecahkan problem di bidang pendidikan, pertanian, pemerintahan dengan menggunakan teknlogi.

Gerakan startup di Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Myanmar yang terus berkembang benar-benar menciptakan iklim kompetisi yang menarik. Tak heran jika wilayah ini menjadi harapan baru bagi munculnya Google atau Facebook generasi baru di masa depan. – Anis Uzzaman

Buku ini seperti buku pegangan untuk orang-orang yang baru memulai startup (seperti saya), kebanyakan orang memulai startup tanpa memikirkan langkah-langkah pentingnya, pokoknya langsung buat aja (seperti saya, lagi). Menurut Anis, ada banyak step untuk membangun startup hingga mencapai kesuksesan tapi di buku ini dia membahas 6 elemen pentingnya seperti membangun tim, membuat produk, membuat paten, pemasaran, pendanaan dan exit. 

1. Membangun Tim

Tim adalah aset nyata yang dimiliki sebuah startup bahkan sebelum dia mempunyai produk. Di bab ini Anis menjelaskan tentang pentingnya tim. Selain itu ada penjelasan tugas-tugas CEO, CTO, COO, CMO. Dan juga tentang idealnya jumlah karyawan startup sesuai tingkatannya.

2. Menciptakan Sebuah Produk

Ketika tim sudah ada, next step adalah membuat produk. Disini dijelaskan langkah-langkah membuat sebuah produk/layanan yang dibutuhkan oleh pasar dan memang merupakan problem banyak orang. Jadi membuat produk gak  bisa semau-mau sendiri, harus dilihat apakah pasarnya sudah ada, pasar siap tidak dengan produk kita.

3. Melindungi Keuntungan Melalui Paten

Paten menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh startup, apalagi kalau idenya benar-benar baru, teknologinya baru. Maka menurut Anis kita harus melindungi aset kita itu dengan hak paten agar tidak dicuri oleh orang lain. Di bab ini ada penjelasan bagaimana mengurus paten di beberapa negara termasuk di Indonesia.

4. Pemasaran

Tim sudah ada, Produk sudah jadi, Paten sudah di daftarkan, sekarang waktunya mencari pelanggan yang akan menggunakan produk kita dengan pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Kalo selama ini kita tahu startup menggunakan sosial media, blog dan iklan di TV untuk pemasaran, ternyata ada bentuk pemasaran lain yang bisa kita terapkan, di buku ini dibahas cara-caranya.

5. Strategi Pendanaan

Sebuah startup harus tahu kapan waktunya mereka membutuhkan pendanaan untuk mengembangkan bisnisnya. Di Bab ini dibahas strategi pendaan untuk tiap tingkatannya, misalkan startup yang masih baru, pendanaan seperti apa yang kita butuhkan, siapa saja yang mau berinvestasi pada startup yang masih baru. Selain itu disini juga diberikan tips presentasi ke investor.

6. Exit

Ini bab yang menarik menurut saya, Anis menegaskan bahwa ingin membuat startup harus tahu apa goal atau exit nya. Di bab ini Anis menjelaskan 2 jenis exit perusahaan startup, yang pertama IPO (Initial Public Offering) atau penawaran perdana saham ke publik dan yang kedua M&A (Mergers and acquisitions). Dijalaskan tentang bagaimana mempersiapkan IPO, keuntungan dan kekurangannya.

Ekosistem startup di asia tenggara khususnya di Indonesia terus dibangun.Seperti kata Anis, asia tenggara bisa jadi harapan baru munculnya generasi baru facebook dan Google di masa depan. Hanya saja memang saat ini ekosistem startup yang paling baik dan berjalan bagus adalah di Amerika Serikat tepatnya di Silicon Valley. Itulah kenapa buku ini bicara tentang membangun startup ala Silicon Valley tempat lahirnya Google, facebook, twitter dan banyak aplikasi yang kita pakai sehari-hari.


Tentang Penulis

anis-uzzaman-fenox-venture-capital
Anis Uzzaman

Penulis adalah CEO & General Partner Fenox Venture Capital yang berbasis di Silicon Valley, di Indonesia sendiri Fenox VC sudah berinvestasi di beberapa startup seperti Hijup.com, situs belanja fashion hijab di Indonesia, ada juga alodokter.com, situs informasi kesehatan dan juga ada beberapa startup lainnnya. Pengalamannya di dunia startup tentu tidak diragukan lagi, Anis tidak hanya menjadi investor tapi juga duduk di dewan direksi pada startup-startup yang masuk dalam portofolio Fenox VC, membantu mereka untuk berkembang dan mencapai exit. 


Plus + Plus

Ada yang plus-plus di buku ini yang menjadi nilai tambah bagi saya, diantaranya:

Coffee Break ☕
Di tiap bab akan ada namanya coffee break dimana Anis menuliskan contoh-contoh yang relevan dengan bab yang dibahas. Misalkan dalam membangun tim ada cerita tentang Mark Zuckerberg dan Sheryl Sandberg yang merupakan COO (Chief Operating Officer) Facebook. Kolaborasi keduanya lah yang membawa Facebook menjadi besar seperti sekarang ini. Ada banyak cerita tentang Dropbox, AirB&B dan banyak startup yang tidak asing bagi kita karena sering menggunakan produknya.

➕ Tips untuk enterpreneur
Menjalankan startup sama saja dengan menjalankan bisnis-bisnis konvensional lainnya, bedanya ada teknologi yang ikut berperan. Dibuku ini Anis memberikan beberapa tips menjadi enterpreneur di bidang teknologi.

Buku ini wajib dibaca untuk yang punya ketertarikan dengan dunia startup, baru memulai atau mungkin sekarang sedang menjalankan startup nya. Kalian bisa membelinya di toko buku atau bisa beli secara online. Sekarang kalian bisa mengecek harga buku di tiap toko buku online hanya dalam satu situs. Dengan situs ini kalian bisa membandingkan harga tanpa harus mengecek situs toko bukunya satu persatu. 🙂

DAFTAR HARGA BUKU STARTUPPEDIA

Iklan

9 thoughts on “[REVIEW] StartupPedia: Membangun Startup ala Silicon Valley

Add yours

  1. Bukunya udah best seller tapi sayangnya masih belum best seller disini apa mungkin hanya sedikit lapisan masyarakat aja yg berminat untuk mendirikan startup? Startup memang lagi ramai-ramainya disini tapi banyak juga yg berhenti ditengah jalan karena kurang matangnya perencaan saat untuk memulai startup. Tapi semoga aja bisnin startup di Indonesia makin banyak dan berkembang, seperti program presiden kita, gerakan seribu startup

  2. Bang Erick setelah baca buku startuppedia ini pasti langsung hebat nih buat membangun dan mengembangkan startup nya hehe.

    Memang sih, akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat banget, banyak startup yang bermunculan. Nggak hanya di Indonesia aja tapi di Asia Tenggara. Entahlah di masa depan nanti apakah bakalan ada yang bisa ngalahin facebook dan google, semoga aja karya anak INdonesia yang bisa ya haha.

  3. Terus terang aku kurang paham dengan Startup mas, tapi kalau dilihat dari ulasan di atas Startup merupakan inovasi-inovasi yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar (maaf kalo salah)

    Sepertinya Buku StartupPedia bisa membantu para startup buat memilai bisnisnya. Semoga kamu semakin menguasai dalam pengembangan Startup ya mas.

  4. gue juga tertarik sama ilmu startup. Zaman serba digital gini, start up dan market place everywhere. Buku ini emang keren banget ya kayaknya, sampai best seller di beberapa negara. Udah go international, masuk Jepang Korea Indonesia lagi, keren!

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: