Enaknya dilamain atau enaknya dicepetin?

Kalo lagi jalan-jalan di toko buku sambil melihat-lihat mana buku yang bisa diselipin di dalam kaos (eh!) , saya selalu tidak habis pikir kalo lihat buku tips membaca cepat. Maksudnya kenapa harus ada tips untuk memmbaca cepat dan kenapa kita harus membaca cepat??? membaca itu kan harusnya dinikmati gak harus buru-buru. Emang siapa yang mau ngejar.

tastiest-icecream

Buku itu seperti halnya ice cream,  menikmatinya harus dikit-dikit biar nikmat. Gak ada orang yang minum ice cream langsung sesendok penuh, pasti hanya seujung sendok. Kalo makan langsung banyak pasti ngilu. Harus dengan penetrasi yang lembut agar mulut jadi terbiasa. Sama dengan baca buku, saya menikmati paragraf demi paragrafnya dengan lembut, membaca itu emang enaknya dilamain. Tapi kalo makan es krim gak boleh kelamaan juga sih, ntar kalo cair gak enak lagi.

Saya adalah tipe pembaca lambat, buku 400 halaman bisa saya baca hingga berminggu-minggu. Saya suka baca tapi bukan orang yang baca buku tiap hari atau membaca di segala situasi. Saya membaca ketika saya sedang santai, kembali lagi bahwa membaca itu harusnya dinikmati.

Belakangan saya  mulai merasa kewalahan. Saya sering membeli buku secara  online jadi kalo beli gak cuma 1 tapi 2-3 buku biar gak rugi ongkir. Ongkir ke Sulawesi mahal cuy. Jadi kalo lagi baca salah satu buku, pengen cepat-cepat ganti ke buku yang lain. Saya kalo dalam dunia perbacaan buku (halah!)  termasuk tipe yang setia, artinya membaca satu buku dulu sampai selesai lalu pindah ke buku yang lain. Kan ada tuh orang yang baca 2 buku sekaligus.

Karena saya tipe pembaca santai, buku yang di beli hari ini bisa saja dibaca nanti bulan depan, sayang banget memang. Padahal saya ingin baca setidaknya 2 buku perbulan. Sampai kemudian saya menemukan sebuah metode membaca cepat….

Yaaaa seperti yang saya bilang di awal, saya tidak mengerti dan percaya dengan cara ini tapi setelah melihat video TEDxJakarta – Mohamad Noer – How to read 52 books in a year, membaca cepat bisa menghemat waktu kita saat membaca. Saya kemudian menuju ke situsnya pak Mohamad Noer di membacacepat.com dan langsung mendownload ebook tentang speed reading. 

Menarik sih, ebook dengan 105 halaman itu memberikan kita tips soal bagaimana membaca cepat atau membaca dengan efektif, di ebook itu juga menunjukan kesalahan-kesalahan kita dalam membaca sehingga kita lambat dalam membaca. Saya ingin membahasnya di post yang lain karena memang informasinya berguna, tapi kalau kada yang ingin ebook nya kalian bisa unduh Disini

Kalo kamu tipe pembaca yang enaknya dilamain atau enaknya dicepetin? πŸ˜‹
πŸ“Œ Itu link unduhannya saya bagi karena dipersilahkan oleh penulisnya untuk menyebarkannya, kalian bisa juga ke membacacepat.com untuk artikel dan video-video tentang membaca cepat. 

Iklan