Menjadi blogger dan menjadi GoBlog

Q: Why do you blog?

A: Partly to make Butterflies and Wheels more frequently updated and more interactive (as well as that bit more interesting, I hope), but also because I think the world des-perately needs to hear my opinions, and I like to oblige.

― Ophelia Benson

Saya harus berterima kasih pada Raditya Dika yang memberitahu saya apa itu blog lewat bukunya Kambing Jantan, dan juga berterima kasih pada IDblognetwork yang mengenalkan tentang blog lebih dalam lewat seminar BlogLicious nya pada tahun 2012. Sejak saat itu  kisah saya dan blog dimulai.

Berawal dari sebuah blog di blogspot yang berisi cerita sehari-hari yang dilucukan (tahun itu banyak yang model tulisannya kayak gini, ke radit-raditan), blog yang banyak tulisan copy paste dari MalesBanget.com & NyuNyu.com. Lalu kemudian insaf dan beralih ke WordPress karena gak mau pusing mikirin template blog dan berurusan dengan kode html-html.

Di wordpress pun sama, masih cerita lucu-lucuan tapi punya tema anak MaTeLu (Mahasiswa Telat Lulus), setelah itu juga nulis sok-sok idealis soal pemuda dan Indonesia (kalo ini disebutnya model ke pandji-pandjian. Merujuk pada tulisan-tulisan Pandji Pragiwaksono).  Makin kesini mulai ada tulisan-tulisan review buku, web, sponsored post. Ya walaupun tujuan utamanya bukan nyari uang, blog ini sebenarnya udah di monetize pake WordAds tapi karena emang gak fokusnya kesana jadi pendapatan perbulannya kurang dari $5.

Sekarang blog benar-benar  jadi tempat bercerita, gak mikirin SEO nya lagi atau harus page one di Google. ya seperti kata Agus Noor, menulis adalah berpikir. Tapi ya kalo ada tawaran sponsored post atau tawaran review yang gak ngerepotin teteuuup… *kasih nomer rekening*

 Menjadi Blogger dan Menjadi GoBlog (Gorontalo Blogger)

Pat Conroy dalam bukunya My Reading Life mengatakan Writing is the only way I have to explain my own life to myself. Bagi saya blog ini adalah tempat saya berkaca, menuliskan cerita dan kemudian belajar introspeksi dari cerita-cerita itu. Saya ingin menangkap momen-momen dalam hidup saya lewat sebuah tulisan. Menjadi blogger bukanlah hal yang remeh, ini soal mengingat hal-hal penting dari hidup kita.

Lebih jauh lagi, apa artinya menjadi blogger dari provinsi kecil yang bernama Gorontalo?. Di era digital ini  arus informasi tidak bisa dikontrol, orang-orang tidak bisa membedakan mana berita fakta atau hoax dari daerah. Kalo ada berita tentang seorang pemuda Gorontalo yang menikah dengan cangkul, orang Jawa, Kalimantan, Sumatera pasti akan mempercayainya karena mereka belum pernah ke Gorontalo dan hanya mendapatkan informasi dari satu sumber. Disini kemudian tugas blogger-blogger daerah untuk meluruskan beritanya.

Seperti berita lurah Gorontalo yang menjual istrinya dan bilang itu bagian dari tradisi daerah, tentu ini merugikan kami yang di Gorontalo, karena tradisi seperti itu tidak ada, sayangnya orang banyak yang mempercayainya dan ikut share.

Kali ini tugas sebagai blogger daerah, tanggungjawab saya memberitahu apa yang sedang terjadi di daerah saya. Hujan deras yang melanda beberapa kota di Indonesia berdampak banjir, beberapa hari lalu kota Bandung dilanda banjir besar, kemarin salah satu kabupaten di Gorontalo juga dilanda banjir setelah hujan selama 7 jam.

Sejumlah Kecamatan yg terendam Banjir meliputi Limboto, Limboto Barat, Tibawa, Pulubala, Boliyohuto, Tolangohula, Asparaga dan sebagian daerah lain di Gorontalo, banjir juga merendam seluruh ruangan rumah sakit daerah MM Dunda, yang membuat pasien dan keluarga korban kaget bahkan pasien sudah di evakuasi ke gedung Kasmad Lahay dan sebagian di Rujuk ke RS. Aloei Saboe yang berada di Kota Gorontalo.

Sejak tadi malam, yg sangat dibutuhkan adalah pakaian, selimut, dan air bersih, bantuan berupa barang seperti pakaian layak pakai, selimut, alat-alat mandi dan kebersihan serta barang lainnya dapat Menghubungi CP 085222999942 / 0811434135

Teman-teman juga bisa mengirimkan donasinya lewat kitabisa.com  Donasi

https://embed.kitabisa.com/pedulibanjirgorontal

Mohon doanya agar warga yang terkena musibah diberikan ketabahan.

Iklan

4 thoughts on “Menjadi blogger dan menjadi GoBlog

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s