Pembunuhan ide & validasi

​”Jangan berhenti bertanya!” Demikian serunya. “Berhenti bertanya, berarti berhenti berpikir. Bertanyalah sebagaimana bidan membantu melahirkan seorang bayi. Bertanyalah hingga apa yang kita anggap bijak, lahir. Tapi jangan berhenti di situ. Tanya lagi sejauh mana pikiran yang sudah dianggap bijaksana itu masih bijaksana?” – Ide membunuh ide.

Dua minggu ini saya habiskan untuk membunuh ide dan mencari partners untuk project yang sedang saya kerjakan. Sudah dapat satu orang tapi sepertinya dia tidak berminat. Membangun sesuatu dari awal memang susah, apalagi ini gak ada uangnya (untuk saat ini). 

Terlalu fokus mencari partners dan memikirkan bagaimana cara membangun ini dari awal, tanpa dana, tanpa partners membuat saya agak down juga. Walaupun selalu mengikuti perkembangan infonya, saya tetaplah orang baru di bidang ini. Saya hanya punya ide dan passion pada masalah yang nantinya akan diselesaikan. 

Selama ini saya selalu bekerja sendiri, tapi kali ini kayak susahhh. Haha. Tapi saya masih yakin ini akan jadi!!!!  Ide-Ide kayak pop up tiba-tiba muncul, dan banyak. Malah kayak jadi mustahil untuk bikin ini. Tapi ya itu tadi, banyak ide harus tahu juga cara membunuh ide. Sehingga tersisa Ide-Ide utamanya saja. 

Baca juga: The Next Level (Presentasi ide startup di The NextDev)

 
Di kebingungan ini saya nemu channel YouTube Vikra Ijas, dia punya vlog bertema CAST (Catatan Anak STartup), Vikra ini adalah CMO (Chief Marketing Officer) kitabisa.com. Dia share soal startup dan sangat membantu. Setidaknya saya tahu apa yang harus lakukan di awal membentuk startup. 

Salah satu poin penting adalah validasi, siapa yang akan menggunakan startup yang saya buat, karena startup ini berhubungan dengan buku jadi saya banyak bertanya pada teman-teman blogger dan komunitas literasi. Cuma karena tidak mungkin saya temui dan chat semuanya satu persatu saya memilih untuk melakukan survei kecil. 

Jadi untuk kalian yang baca ini, pecinta buku, saya mohon kesediaannya  mengisi form dibawah ini, gak lama kok. Mohon bantuannya. 😊

Iklan

21 thoughts on “Pembunuhan ide & validasi

  1. Ane suka buku gan.
    dalam sebulan minimal ane harus beli buku baru, buku apapun itu.
    tapi sayangnya semua buku itu cuma di beli doang, kadang jarang dibuka,
    ane ngerasa waktu ane sekarang sempit banget wqwq.

    tapi kedepanya ane mau usahain rajin baca buku lagi sih.
    kalo sekarang lagi rajin baca temlen dulu tapi.

    1. Wah sayang banget, karena membaca pun bukan sekedar membaca huruf yang ada di buku, kalo itu disebutnya mengeja. Membaca kan harus dapat intisari dari bukunya. Ayukk.. membaca. 10 menit setiap hari. 🙂

  2. Ayo dong bg Epratama. Semangat untuk mengembangkan Idenya. Andai saja gue ngerti di dunia yg abang perlukan, pengen bantu. Soalnya baca ide sebelumnya itu gue cukup salut.

    Gue udah isi Pertanyaanya. Semoga membantu menyelesaikan dan sukseskan idenya bg Epratama. Semangat berkarya ya bg.. Sukses buat projectnya.

  3. kalo boleh tau goal nya jadi kek gimana ini rik, anjir, lama nggak main kesini, begitu kesini udah pada berubah semua, cuman gue nih yg gini2 aja keknya eheheh.

    gue bantu isi kuesinernya nih, semoga membantu. Sukses projekannya, amin

  4. aku sudah isi formnya bang, semoga bisa membantu 🙂
    oh iya, by the way kayaknya proyeknya bakalan seru nih, apalagi ada kaitannya dengan buku gini. ya aku doain semoga sukses aja lah yaa. semangat bang.

  5. Gue langsung nyeletuk “BENER JUGA YA” waktu baca quotes di paragraf pembuka itu. bener banget bang. Menurut gue, kalau berhenti bertanya, berarti kita membatasi rasa penasaran di otak kita

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s