Buku untuk para Introvert.

Sudah lama saya mencari buku yang khusus membahas soal introversi. Sulit menemukannya karena di Indonesia tidak ada buku tentang itu. Pilihannya ada pada buku luar yang sudah diterjemahkan. Sebenarnya saya orang yang akan berpikir dua kali sebelum membeli buku terjemahan, bukan soal harganya tapi soal apakah terjemahannya dapat dimengerti atau tidak. Terkadang ada penerbit yang hanya sekedar menerjemahkan saja. Sehingga saat dibaca ada tata bahasa yang agak sulit dimengerti. Seorang penerjemah harusnya sudah membaca buku yang akan diterjemahkannya dan memahami isinya sehingga saat menerjemahkannya dia bisa memberikan terjemahan sederhananya tanpa mengubah maksud tulisan.

Setelah lama mencari, saya menemukan 2 buku terjemahan yang membahas tentang introvert, yang pertama The Introvert Adventage: How to Thrive in an Extrovert World karya Marti Olsen Laney dan yang kedua Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talkingย ย karya Susan Cain. Dari dua penulis itu saya lebih mengenal Susan Cain, karena saya follow dia di twitter, membaca webnya dan menonton videonya di youtube. Tapi dari beberapa blogger luar yang membahas Introvert, banyak yang merekomendasikan buku yang pertama,ย  The Introvert Advantage. Saya pilih yang itu.

Sebelum menulis ini, saya baru saja membaca buku itu hingga halaman 120 dari 400 halamannya. Dan saya harus bilang buku ini luar biasa! Saya seperti membaca buku tentang diri saya. Buku ini pada dasarnya berbicara tentang menjadi seorang introvert itu bukan hal yang salah. Wajar jika seorang introvert selalu merasa berbeda dengan orang lain karena memang kita hidup di dunia yang dirancang untuk para extrovert.

Buku ini mengajak kita untuk lebih mengenal apa itu introversi, tidak hanya dari pengamatan tapi penulis juga memberikan hasil-hasil penelitian tentang Introvert dan extrovert. Sepertiga dari populasi dunia adalah introvert, artinya dari 3 orang ada 1 yang introvert. Buku ini memberikan cara agar kita bisa berkembang dan berhasil di dunia extrovert. 😁

Sejak setahun lalu saya punya kategori tulisan #PlanetIntrovert di blog ini,ย  saya akan menulis cerita introversi dari pengalaman saya. Penting untuk menulis ini agar tidak ada lagi kesalahpahaman terhadap kaum introvert. Bahwa menjadi introvert adalah normal karena itu adalah tempramen bawaan kita sejak lahir dan Introvert bukanlah seorang pemalu. ๐Ÿ™‚

image

Iklan