Ubah blog WordPress mu dengan domain dot com

From: WordPress.com (help@wordpress.com)
To: eparamata@gmail.com

Your WordPress.com domain eparamata.com is due for renewal.
We attempted to renew your domain eparamata.com on the site “erickparamata.wordpress.com” but experienced a problem taking payment.

If you wish to continue with the subscription please log in to your account and update your card details. Your subscription will be cancelled if payment cannot be made.

Tagihan gagal pada Visa **** Anda.

Happy WordPressing!

Tiap minggu sekali, sejak 2 bulan yang lalu, email dari WordPress selalu menghiasi kotak masuk. Email diatas adalah pemberitahuan bahwa mereka gagal menarik pembayaran dari kartu kredit. Ya iyalah kan saya gak punya kartu kredit.

KALO GAK PUNYA KARTU KREDIT, BIJIMANA CARANYA NGANA BELI DOMAIN DOT COM DI WORDPRESS?? 😤

Maka ini yang saya akan tulis disini, Saya akan memberikan rekomendasi untuk teman-teman yang masih bingung gimana membeli dan mengubah blog yang tadinya ada embel-embel WordPress, menjadi hanya berakhiran dot com.

Saya mulai memakai domain dot com sejak setahun yang lalu, jadi bulan ini memang waktunya untuk memperpanjang domainnya. Makanya WordPress sering mengirimkan email karena jika domain saya tidak diperpanjang, domain eparamata.com akan kadaluarsa dan belum bisa digunakan untuk waktu yang lama. Sayang sekali kalo harus ganti alamat blog, karena harus mulai dari awal lagi. Ya seperti pindah rumah, harus beradaptasi, teman-teman jadi jarang ke rumah karena alamatnya baru.

Berbeda dengan blogspot, ganti domain di WordPress agak sedikit ribet karena belinya harus langsung di WordPressnya. Kalau blogspot kan banyak tuh yang nyediain, mulai dari Qwords, Rumah Web dan masih banyak lagi, terserah blog kita pengen di host sama yang mana. Beli domain di WordPress yang pertama harus pakai Dollar, bayarnya via kartu kredit atau PayPal. Ini nih yang bikin pusing, kalo gak punya kartu kredit dan gak punya akun PayPal.

Saya baru mengganti domain di tahun ketiga saya ngeblog. Alasannya ya karena bingung cara bayar domainnya gimana. Sampai kemudian tahun lalu saya cari informasinya di forum WordPress, ada thread yang membahas soal pembelian domain. Disitu saya dapat beberapa opsi bagaimana cara membelinya, yang pertama minta tolong ke orang yang punya kartu kredit dan beli kartu kredit online. πŸ™„

Saya mencoba 2 cara itu, bedanya sih ada pada harganya. Kalian bisa pake salah satu opsi ini (kecuali kalau punya kartu kredit, ya langsung beli aja).

1. Pake bantuan orang yang punya kartu kredit.

Di forum WordPress ada testimoni blogger yang beli domain pakai jasa LovingIndonesia.com. Ini prosesnya sangat mudah, kita hanya diminta ngirim nama, alamat lengkap, username dan password blog, domain yang diinginkan. Nanti dikasih tahu berapa yang harus dibayar, akan dihitung sesuai kurs saat ini. Udah banyak kok yang pake jasanya, bisa lihat cara lengkapnya dan testiomoni yang udah pake jasanya disini (http://lovingindonesia.com/jasa-pembayaran-pembelian-domain-di-wordpress/).

Saya sendiri pernah coba ini, udah kirim email, transfer, tapi 2 jam kemudian katanya pembelian saya gagal. Selalu error pas beli di wordpress. Tapi katanya ini jarang terjadi kok, cuma terjadi sama orang yang jomblonya menahun. (EH GAK DENG!) Hahaha. 30 Menit setelah dikasih tau pembelian gagal, uangnya langsung dikembalikan. Jadi jangan takut tertipu. πŸ™‚

2. Beli pake kartu kredit online.

VCC Murah

Untuk punya kartu kredit di Indonesia sulit,ada banyak syaratnya, tapi kalo cuma dipakai sekali dua kali untuk belanja online ya mending pakai kartu kredit online atau VCC (Virtual Credit Card). Saya pertama kali tau ini dari blogger juga, namanya Tata. Bedanya beli domain pake kartu kredit online kita yang daftarin sendiri domainnya, kalo yang pertama kan tinggal transfer doang, domain kita di daftarin sama LovingIndonesia.com. VCC Murah memberikan beberapa paket yang bisa kita pilih untuk belanja online yang harus pakai kartu kredit.

VCC Prabayar

Nah, registrasi domain di wordpress (untuk dot com) harganya $18, jadi kita belinya yang isi $20. Sisanya $2 jadi gak kepake sih, rugi. hahaha. Soal harga emang jadi lebih mahal, selain dollar yg dirupiahkan,ada biaya jasa untuk VCC murah. Saran saya jangan dulu langsung transfer sesuai harganya, silahkan kontak mereka dulu lewat BBM, Whatsapp atau LINE dan tanyakan harganya berapa. Di beberapa review yang saya baca biasanya bayarnya gak sama kayak yang di webnya, bisa aja lebih murah karena kan kurs dollar fluktuatif. Setelah transfer, kita disuruh konfirmasi tuh. 30-60 menit kemudian mereka akan mengirimkan nomer kartu kredit dan kode keamanannya. Jadi jangan harap kita dapat kartu fisiknya ya, namanya juga online. πŸ˜€

Nomer kartu kredit dan kode keamanannya ini yang kita pake buat registrasi domain, di nomer itu ada saldo sebesar $20. Setelah itu kita tinggal masuk ke WordPress/Domain dan pilih domain yang kita inginkan. Untuk domain dot com harganya $18, bisa beda jika pilih domain yang berakhiran dot Me, harganya $25. Prosesnya cepet banget, kurang dari 1 menit, cuma ngisi nama dan alamat lengkap, domain kita udah berubah tanpa embel-embel WordPress. Tapi blog kita masih tetap di host sama WordPress, keuntungannya adalah kita bisa ikut program WordAds. Semacam Google Adsense tapi khusus blog WordPress. Perhitungan keuntungannya bukan dari klik iklan, tapi dari penayangan iklan. Semakin banyak viewers blog, semakin besar juga penayangan iklannya.

Selain 2 cara itu masih ada satu cara lagi dengan pakai BNI Debit Online. Caranya sama kayak nomer 2, tapi gak perlu transfer lagi, langsung dipotong di rekening kita. Hanya perlu SMS, nanti dikirimkan nomer kartu dan kode keamanannya.

Pakai domain dot com gak wajib sih kalo jadi blogger. Waktu blog saya masih erickparamata.wordpress.com dan berganti menjadi eparamata.com, saya malah lebih aktif nulis saat ada embel-embel WordPress. Terus katanya nih, blog yang ada embel-embel blogspot atau WordPress SEO nya lebih bagus.

Saya pakai dot com ya biar alamat blognya lebih gampang diingat aja. Terus terlihat lebih profesional walaupun sebenarnya amatiran. 😂😂😂

Semoga tulisan ini membantu ya, khususnya yang masih bingung-bingung. πŸ™‚

Iklan

10 thoughts on “Ubah blog WordPress mu dengan domain dot com

  1. Eh ini postingan keren banget. Selama ini kan gue ragu banget sama metode pembayaran yang lo sebutin diatas itu. Karena memang udah pernah dengar pake VCC, tapi masih ragu.

    Gue sih lebih percaya sama cara minta bantuan orang yang punya kartu kredit. Soalnya kan kalo beli saldo $20 di VCC, sementara harga domainnya $18, kan rugi.

    Kalo minjem sama org yang punya kartu kredit, apalagi org yang dikenal, kan sambil negosiasi.

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s