TRADISI HOAX!

image

LURAH GORONTALO YANG AKAN MEMBERIKAN IMBALAN JIKA ADA YANG BISA MENGHAMILI ISTRINYA ADALAH HOAX!

Tradisi Gorontalo yang katanya menyewakan istrinya untuk dihamili adalah HOAX. Tapi sepertinya tradisi menyebarkan berita Hoax adalah fakta di Indonesia ini. Bagaimana tidak, betapa kagetnya kami masyarakat Gorontalo melihat sebuah gambar yang viral di media sosial tentang seorang lurah Gorontalo yang membuka lowongan pekerjaan untuk menghamili istrinya. Gambar ini terus di share, dijadikan bahan tertawaan dan banyak juga yang mempercayainya.

Daerah-daerah yang dianggap tertinggal selalu menjadi sasaran berita konyol seperti ini. Orang-orang akan percaya begitu saja dengan berita konyol di daerah-daerah terpencil atau tertinggal. Bahkan kalau ada berita di Gorontalo ada seorang Jomlo yang menikah dengan pacul orang-orang akan percaya karena mereka tidak mau mengenal Gorontalo. Saya ingin memperkenalkan daerah saya ini, tapi sebelumnya izinkanlah saya membuktikan bahwa gambar yang viral itu adalah HOAX! cukup dengan 2 bukti ini:

Pakaian dinas pak lurah

image

Pak lurah yang konon bernama Hadi Purwanto ini mengenakan pakaian dinas PNS. Dari gambar ini orang akan percaya bahwa dia benar-benar lurah. Tapi mari kita lihat lebih teliti lagi logo yang ada di pakaian dinasnya.

 

Gorontalo Unite

Apakah logo di Pakaian Dinasnya mirip dengan salah satu logo ini? Ini adalah logo Provinsi, kota dan 5 Kabupaten di Gorontalo

atau Logonya mirip dengan ini?

2000px-Jakarta_COA.svg

Logo DKI Jakarta

Oke, ini membingungkan. Lurah Gorontalo tapi kerjanya di Provinsi DKI Jakarta? IQ?

 

Sumber Berita gak jelas

Saya coba telusuri sumber berita yang kemudian di capture dan dijadikan gambar viral. Ternyata sumbernya berasal dari sini: http://pengalaman-ayas.blogspot.co.id/2016/03/lowongan-pekerjaan.html. Saya heran kenapa orang bisa percaya dari situs yang domainnya saja masih gratisan. Di postingan itu juga ada link yang menuju ke salah satu situs yang memberikan penghasilan dari views. Jadi jelas tujuan blog ini adalah mencari views dengan cara membuat berita heboh agar mendapatkan uang. kan Kampreeet.

Saya bisa memberikan beberapa bukti lagi bahwa ini adalah HOAX, mulai dari marga pak lurah dan istrinya yang gak ada di Gorontalo, tradisi yang sama sekali tidak dikenal di Indonesia. Banyaklah. Hanya saja yang jelas berita ini merugikan kami masyarakat Gorontalo.

Saya bisa memahami jika ada yang masih belum mengenal Gorontalo, kami termasuk salah satu provinsi termuda tapi kami adalah daerah yang lebih dulu merayakan kemerdekaan Indonesia, 3 tahun sebelum Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. (baca: Gorontalo Merdeka pada 23 Januari 1942). 

Kami daerah yang sedang berkembang, tidak begitu pesat tapi kami tetap bertumbuh, kami terus bertumbuh tanpa meninggalkan adat kami. Kami termasuk dalam 19 wilayah adat di Indonesia. Apakah adat kami membolehkan menjual istri untuk dihamili? TIDAK. Jika Aceh dijuluki Serambi Mekkah, Gorontalo dijuluki Serambi Medinah, Kota ini memiliki motto “Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah” sebagai pandangan hidup masyarakat yang memadukan adat dan agama.

Jika ingin lebih mengenal Gorontalo datanglah berkunjung dan lihat bagaimana ramahnya kami dengan pendatang, saya sarankan datang saat bulan Ramadhan. Karena kota ini Indah di bulan itu, apalagi 3 malam terakhir sebelum Idul Fitri. 🙂

Kenapa penting bagi saya untuk menulis dan meluruskan ini, kita adalah bangsa yang besar tapi masyarakatnya minim wawasan soal daerah-daerah di Indonesia, tidak ada keinginan untuk mencari tau lebih jauh, wawasan kita hanya sebatas apa yang ditayangkan di TV. Kesian sebenarnya. Padahal banyak yang ngakunya anak ngetrip, ngeadventure. 😁 Lagian kalau bukan saya yang meluruskan ini, mau berharap ke siapa? Ini daerah saya, ini negara saya. Tanggung jawab saya,tanggung jawab kita untuk memberi tau yang sebenarnya. 😀

Iklan