Torang Samua Basudara

Siapkan diri anda,Β  bentar lagi natal, perdebatan tahunan soal boleh tidaknya muslim mengucapkan Selamat Natal atau tidak akan segera dimulai. Hmm.. Atau mungkin sudah dimulai. πŸ˜•

Kita mah gitu, semuanya di debatin, negara lain udah mikir tinggal di planet lain kita masih berdebat boleh gak ngucapin selamat natal atau berdebat soal kenapa harus cowo yang nembak duluan. Tapi ya debat kayak gitu saya mah gak ambil serius, soalnya saya gak pernah punya pengalaman ngasih selamat natal sama temen yang merayakan. Hehe

Dulu waktu masih sekolah ada temen yang habis merayakan natal kita biasa aja, gak ngucapin selamat, paling besoknya temen ini bawa kue sisa pesta natal semalam di rumahnya. Sama aja kayak Hari raya Idul Fitri, kita gak saling ngucapin selamat, paling salaman dan bawa setoples kue sisa hari raya ke sekolah.

Karena saya tinggal di daerah yang tidak pernah terdengar konflik berlatar SARA, kadang saya bingung kok bisa ada di bagian lain nusantara ini meributkan perbedaan. Seakan-akan perbedaan itu adalah akar dari semua masalah. Sepertinya orang-orang semacam ini salah besar tinggal di Indonesia yang majemuk, dia lebih cocok tinggal di Korea Utara. 😄

Saya tinggal di Gorontalo, salah satu provinsi termuda yang mayoritas masyarakatnya Muslim. Kami berseblahan dengan provinsi Sulawesi Utara yang mayoritas masyarakatnya Kristen. pernahkah terdengar konfilk dari dua daerah ini? tidak pernah. Bahkan dua daerah ini bersaudara karena sebelum Gorontalo menjadi Provinsi tersendiri, sebelumnya bergabung dengan Sulawesi Utara. Kami disatukan dalam semangatΒ Torang Samua Basudara. πŸ™‚

Torang Samua Basudara adalah kearifan lokal masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo. Kami mengedepankan keterbukaan. Torang samua basudara, kong baku-baku bae, dan baku-baku sayang (kita semua bersaudara, antara yang satu dengan yang lainnya, hiduplah dalam keadaan baik dan saling menyayangi) merupakan pesan moral yang sangat mulia untuk hidup rukun dan damai.

Jadi disini jarang debat soal boleh tidaknya ngucapin natal, ramenya paling di sosial media doang. Tau sendiri kalo di media sosial orang-orang jado sotoy dan sok ngerti ilmu agama.

Yaudah Selamat Natal bagi yang merayakan, bagi kue dong. Β πŸ˜‰

image

"Mereka yang bukan saudaramu dalam Iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan"

*star* : Sumber gambar

Iklan