Ingin #MelawanAsap atau ingin trending topic?

Tulisan ini adalah tulisan sotoy saya yang ingin ikut mengomentari bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

Saya ikut prihatin dengan bencana asap yang dialami oleh teman-teman di Sumatera dan Kalimantan akibat pembakaran hutan, saya bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya bangun di pagi hari dengan menghirup asap, berkegiatan dengan menghirup asap dan tidur setelah menghirup asap seharian, saya benar-benar tidak tau bagaimana rasanya. Membakar sampah di belakang rumah saja saya selalu menghindari asapnya, karena tidak tahan dengan bau dan pekatnya asap. Semoga saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan tetap dalam lindungan-Nya. Amiin..

Gerakan #MelawanAsap awalnya dipelopori oleh beberapa komunitas di Riau sebagai bentuk kekecewaan akan penanganan asap yang tiap tahun terus terjadi, aksi ini juga untuk memberi tahu bahwa Sumatera dan Kalimantan butuh perhatian besar karena asap yang ada sangat berbahaya dan sudah memakan korban. Saya mendukung gerakan ini, tapi ada ketakutan kalo gerakan ini malah disalah artikan oleh beberapa orang sehingga melenceng dari tujuan awal.. Harusnya Social Movement yang berawal dari social media bisa berdampak lebih sehingga orang-orang ikut beraksi nyata.

image

Bernafas dengan trending topic?

“euforia” gerakan #MelawanAsap tujuannya malah jadi untuk trending topic Twitter, saya paham tujuan awalnya kenapa harus trending topic, tapi itu bukan tujuan utama gerakan ini. Saya paham teman-teman sudah tidak tahan dengan asap, harus diakui pemerintah kurang tanggap dengan bencana asap, 10 tahun SBY dan 1 tahun JOKOWI belum juga bisa mengatasi bencana ini, karena ini sudah sangat berbahaya bahkan berdampak sampai negara tetangga, Presiden harusnya mengambil komando penuh untuk penanganannya baik untuk jangka pendek mematikan titik-titik api dan jangka panjang ada aturan tegas untuk perusahaan-perusahaan pembakar hutan.

Mari kita fokus dengan tujuan gerakan #MelawanAsap dibanding fokus menjadikan ini sebagai trending topik. Gerakan ini masih berjalan, kita sudah melakukan aksi nyata, memberikan apa yang saat ini benar-benar dibutuhkan oleh warga Sumatera dan Kalimantan yaitu masker dan obat-obatan. 😷😷😷

Jangkauan tangan kita tak cukup panjang untuk mengusir asap, namun saya dan Anda bisa menolong meringankan beban kawan-kawan kita di Riau.

Salurkan bantuan anda melalui kitabisa.com, info dan penjelasan donasinya yang terkumpul akan digunakan untuk apa, klik link: https://kitabisa.com/melawanasap 😷

image

Sumber: kitabisa.com

Posted from WordPress for Android

Iklan