Ingin #MelawanAsap atau ingin trending topic?

Tulisan ini adalah tulisan sotoy saya yang ingin ikut mengomentari bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

Saya ikut prihatin dengan bencana asap yang dialami oleh teman-teman di Sumatera dan Kalimantan akibat pembakaran hutan, saya bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya bangun di pagi hari dengan menghirup asap, berkegiatan dengan menghirup asap dan tidur setelah menghirup asap seharian, saya benar-benar tidak tau bagaimana rasanya. Membakar sampah di belakang rumah saja saya selalu menghindari asapnya, karena tidak tahan dengan bau dan pekatnya asap. Semoga saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan tetap dalam lindungan-Nya. Amiin..

Gerakan #MelawanAsap awalnya dipelopori oleh beberapa komunitas di Riau sebagai bentuk kekecewaan akan penanganan asap yang tiap tahun terus terjadi, aksi ini juga untuk memberi tahu bahwa Sumatera dan Kalimantan butuh perhatian besar karena asap yang ada sangat berbahaya dan sudah memakan korban. Saya mendukung gerakan ini, tapi ada ketakutan kalo gerakan ini malah disalah artikan oleh beberapa orang sehingga melenceng dari tujuan awal.. Harusnya Social Movement yang berawal dari social media bisa berdampak lebih sehingga orang-orang ikut beraksi nyata.

image
Bernafas dengan trending topic?

“euforia” gerakan #MelawanAsap tujuannya malah jadi untuk trending topic Twitter, saya paham tujuan awalnya kenapa harus trending topic, tapi itu bukan tujuan utama gerakan ini. Saya paham teman-teman sudah tidak tahan dengan asap, harus diakui pemerintah kurang tanggap dengan bencana asap, 10 tahun SBY dan 1 tahun JOKOWI belum juga bisa mengatasi bencana ini, karena ini sudah sangat berbahaya bahkan berdampak sampai negara tetangga, Presiden harusnya mengambil komando penuh untuk penanganannya baik untuk jangka pendek mematikan titik-titik api dan jangka panjang ada aturan tegas untuk perusahaan-perusahaan pembakar hutan.

Mari kita fokus dengan tujuan gerakan #MelawanAsap dibanding fokus menjadikan ini sebagai trending topik. Gerakan ini masih berjalan, kita sudah melakukan aksi nyata, memberikan apa yang saat ini benar-benar dibutuhkan oleh warga Sumatera dan Kalimantan yaitu masker dan obat-obatan. 😷😷😷

Jangkauan tangan kita tak cukup panjang untuk mengusir asap, namun saya dan Anda bisa menolong meringankan beban kawan-kawan kita di Riau.

Salurkan bantuan anda melalui kitabisa.com, info dan penjelasan donasinya yang terkumpul akan digunakan untuk apa, klik link: https://kitabisa.com/melawanasap 😷

image
Sumber: kitabisa.com

Posted from WordPress for Android

Iklan

5 thoughts on “Ingin #MelawanAsap atau ingin trending topic?

Add yours

  1. Miris ya… malah ada loh temen saya di pekanbaru yang bilang mau bikin negara sendiri gara-gara merasa nggak diurus sama negara sendiri. Sedih juga rasanya, tapi wajar mereka marah, lagipula ini udah bertahun-tahun kejadiannya, siapa juga yang tahan.

    Ada juga temen di kalimantan dia lagi hamil trus bilang mau mutasi ke pulau jawa, tapi gimana mau naik pesawat aja terhambat asap. Mudah-mudahan pemerintah lebih peka lagi terhadap kota-kota yang kena asap, karena ini bukan hal yang sepele. Udah semakin banyak korban jiwa pasti nggak mau kan semakin banyak korban lagi..

  2. paling parah di riau tuh. benern tebal asapnya.
    Saya tinggal dipalembang, asapnya cuma tebal dipagi hari sama malem. bukan berarti siang menghilang hanya sedikit menipis aja.

    Saya herannya itu, kalau nggak salah ada berita menyebutkan pihak singapura dan malaysia mau membntu masalah asap ini namun ditolak pemerintah.
    Entah beritanya benar atau tidak yang pasti sangat disayangkan sekali kalau ditolak padahal itu bisa aja membantu masalah juga

  3. kasus asap emang beberapa tahun belakangan ini parah banget… tahun lalu gara2 musim kemarau.. tahun ini gara2 perusahaan brengsek gak bertanggung jawab… capek deh men… miris banget. belum lagi netizen yan sok2 perhatian… tapi nggak ada aksi. kayak gue gitu :”)

  4. alhamdulillah kami warga Riau udah ada beberapa yg dapat bantuan dari warga di Pulau Jawa, dapat masker N95 gratis. Semoga pemerintah bisa mengatasi jangka pendek dan panjang, di Riau udah zero hotspot tapi asap masih ada. Semoga semua cepat berlalu. Udah 2 minggu gak belajar di sekolah. Kasian anak2. Tapi saya suka miris sama org2 yg nyalahin kami warga Riau “kan kalian sendiri yg melakukan, ya usaha sendiri dong”. Iya memang, tapi kalau bisa bantu kan lebih baik. Toh gak semua warga Riau salah, kan? 🙂

  5. w setuju dengan kalimat jangn menjadikan kaliman #melawanasap sebagai Trending topik.
    tpi yang w baca mengatasi kebakaran hutan itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan ga mudah untuk di selesaikan, tapi di sini saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk korban asap yang di sana

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: