Ulang tahun ‘Saya’

Katanya nama adalah sebuah do’a, tapi tidak dengan keluarga kecil ini, orang tuanya memberikan nama ‘saya’ pada anaknya. Nama yang tidak lazim, karena kata ‘saya’ berarti diri sendiri, mungkin orang tuanya berharap ‘saya’ tumbuh dengan tetap menjadi dirinya sendiri. 😅

Tapi orang tuanya tidak tahu kalau nama itu sering merepotkan ‘saya’, misalkan saat ‘saya’ memesan minuman di Starbucks, ketika pelayan berteriak “Minuman untuk bapak saya!!” si pelayan akan bingung sendiri, kok tiba-tiba bapaknya yang sudah meninggal memesan minuman.

Seringkali juga ‘saya’ sering membuat orang pusing ketika harus berkenalan untuk pertama kali.

“siapa namamu?”
“saya”
“iya kamu! Namanya siapa?!”
“saya pak”
“iyaa! Yang saya tanya tuh kamu!”
“saya pak..”
“iya kamuuuuu!! Kampreett!” 😤
“saya pak!!”😭
“aarrrrggghhhhh….”

Tak seperti kebanyakan anak tunggal, ‘saya’ bukanlah anak yang dimanja orang tuanya, Karena ‘saya’ bukanlah dari lingkungan keluarga yang berada. Tapi ‘saya’ tidak mempermasalahkan itu, dia enjoy dengan hidupnya. Tapi ada satu hari dalam setahun, dimana orang tuanya selalu menyenangkan ‘saya’, ‘saya’ selalu diberikan snack atau mainan yang diinginkannya, walaupun hanya beberapa bungkus snack yang dibeli di warung oleh orang tuanya ‘saya’ sangat senang, karena tidak tiap hari dia bisa makan itu. Hari dimana ‘saya’ selalu terlihat senang adalah Ulang tahun ‘saya’, hari itu juga sama dengan ulang tahun Wiji Thukul, dia hilang sejak tahun 1998.

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-4
Ini mungkin pertama kalinya dimana ulang tahun ‘saya’ dirayakan dengan mengundang anak-anak sekitar rumah, walaupun ‘saya’ lupa tentang hari itu karena masih kecil dan belum bisa mengingat dengan baik, ‘saya’ mempunyai album foto perayaan ulang tahunnya itu, dia terlihat bahagia. πŸ™‚

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-9
‘Saya’ senang hari itu mendapatkan hadiah dari ibunya, sebuah pistol yang bisa menembakan peluru kecil. ‘Saya’ sudah meminta mainan itu seminggu sebelum ulang tahunnya, walaupun sebelumnya ibunya melarang karena mainan itu terlalu berbahaya. Tapi hari itu ibunya tetap membelikannya mainan itu sepulang dari pasar. ‘saya’ saat itu happy and sad in same time karena sebulan sebelumnya ibu dan ayahnya bercerai dan tidak tinggal bersama lagi, ‘saya’ lebih memilih tinggal bersama ibunya.

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-11
‘saya’ mengundang beberapa teman baiknya ke rumah, karena ibunya memasak makanan spesial hari itu nasi kuning dan ayam goreng, ibunya juga mengundang pak Ustaz untuk bisa do’a bersama mendoakan ‘Saya’.

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-13
‘saya’ merayakan ulang tahunnya hampir bersamaan dengan Idul Fitri, yang berbeda saat itu ‘saya’ tidak bersama ibunya lagi untuk selamanya. Ibunya meninggal sebulan sebelumnya.

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-16
Beberapa tahun belakangan ‘saya’ merayakan ulang tahunnya sendirian, tidak ada lagi ibunya yang selalu mengingat hari ulang tahunnya dan memasak makanan spesial untuknya. Hari itu ‘saya’ merayakan ultahnya dengan adik sepupunya, ‘saya’ membeli banyak sekali snack yang kemudian mereka makan di kamar hingga kekenyangan. 😅

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-19
‘saya’ sudah tidak sering merayakan ulang tahunnya, tapi hari itu tetap spesial untuknya. Beruntung saat itu sudah ada facebook, ucapan dari teman melalui sosial media sudah bisa membuat ‘saya’ bahagia.

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-21
‘saya’ hampir lupa kalau hari itu ulang tahunnya, sampai beberapa temannya mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung saat ‘saya’ sedang memimpin rapat, malamnya ‘saya’ malah dibelikan martabak sama teman-temannya,padahal harusnya ‘saya’ yang mentraktir. 😁

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-22
‘saya’ dikirimkan oleh teman jauhnya sebuah choice note yang isinya si teman menyanyikan lagunya Taylor Swift yang juga berjudul “22”. ‘saya’ senang menerima itu.. πŸ™‚

Ulang tahun ‘saya’ yang ke-24
Hari ini tepat 26 Agustus ‘saya’ berulang tahun, tidak ada perayaan lagi seperti sebelumnya, tidak ada lemparan telur busuk, tidak ada traktir-traktiran, ‘saya’ mulai merenungi apa yang sudah dilakukannya selama 24 tahun ini. ‘saya’ tidak punya banyak harapan di hari spesialnya ini, ‘saya’ hanya ingin hidup sebagai orang yang berguna untuk orang lain, seperti Widji Thukul. ☺

*The End*

SELAMAT ULANG TAHUN ‘SAYA’! πŸ™‚

image
'saya' dan Ibu

Ada yg mau ngucapin selamat ulang tahun ke ‘saya’ gak? 😅

Posted from WordPress for Android

Iklan

22 thoughts on “Ulang tahun ‘Saya’

  1. Selamat ulang tahhhuuuuuun, wuih kita geng β™Œ nih. Salam Leo!! Dulu juga Uni begitu tuh, banyak perayaan dan kenangan, makin ke sini yaudahlah ya, masih hidup aja alhamdulillah.

  2. Met Ultah yg ke 24 mas Erick, semoga panjang umur, sukses selalu, dan apa yg kamu inginkan tercapai.. Wish You All The Best.
    Btw, pengalamannya seru2 ada yg unik juga.. Nice mas..

  3. Hai saya..
    Selamat ulang tahun buat saya, semoga saya panjang umur, saya sehat selalu, saya lancar rejekinya, saya dimudahkan segala urusannya dan saya segera mendapat jodoh. Aamiin..

    Kisah ulang tahun saya ini ada sedihnya dan ada senangnya, alias ikut kebawa suasana bacanya.

  4. Selamat ulang tahun saya (bg eric) semoga di usia yang nambah ini, makin kokoh mengahadi tebing kegagalan yg sedang menunggu.

    Bener bgt kata bg eric, waktu kecil emang selalu pengen buat perayaan, tapi makin ke seni, aku semakin sadar kalo hidup ini tak akan segampang meniup lilin..

    Sukses y bg..

  5. Serius awalnya ketawa gara-gara keinget nama Tuhan yang ada di jatim. Ngebayangin juga susahnya punya nama saya. Eh pas udah baca-baca tentang ulang tahunnya malah jadi sedih. Nggak tau kenapa. Tadinya nggak usah aku baca aja ya :v

    Btw selamat ulang tahun saya. Sebenernya masih nggak tau saya itu beneran bang erick apa bukan. Tapi melihat dari komentar temen-temen di atas, mungkin saya itu emang bang erick. Sukses selalu bang.

  6. Selamat ulangtahun buat ‘saya’! πŸ˜€ udh dua kali nih nemu postingan org yg lagi ultah.. Td kak keven, bnyak jg yg bln agustus ya?

    Oiya btw, aku jg msh bingung ini si ‘saya’ beneran kak erick atau siapa? Tdnya aku kira ini fiksi, haha. Abs kocak banget ‘saya’, emgnya bener namanya ‘saya’ trs ganti nama jd erick? Ah, sudahlah.

    Pnglaman ultahnya ada yg lucu, ada jg yg bkin sedih pas di umur 13 itu:( Sbgian crta di sini kok hmpir sm kyak aku, ya? Aku jg anak tunggal, tp bkan dri kluarga yg berada, udh gtu mama papanya udah cerai jg lg, trs milih tinggal sama mama jg, duh aku senasip sama ‘saya’ atau kak Erick nih trnyata.. Aku jg klo mnta apa2 msti nunggu ultah dlu baru dibeliin sm mama :’D

    Yaudah, pkoknya happy birthday buat ‘saya’ ataupun kak Erick, yaa!! Smga di umur yg skrg ini impiannta bsa trcapai πŸ˜€

  7. Kalau saya adalah kamu lalu ibunya itu ibu siapa? Lalu di ultah yang ke sekian yg hampir bersamaan dengan idul fitri saya nggak ukang tahun bersama Ibu lagi karena Ibu sudah pergi untuk selamanya, what does it mean? You??

    Jadi saya adalah kamu kalau fotonya itu kamu, Rik?

    Happy birthday kalau begitu!! Semoga semua bisa kamu raih, bisa berguna untuk sesama, rejeki lancar mengalir dan jodoh jatuh di pelukan pada waktu yg tepat. Asik kannn..hehehehe dan bisa menjadi sosok yang membanggakan Ibu πŸ™‚

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s