Before I Go to Sleep

image

Semalam nonton film bagus yang main aktris cantik Nicole Kidman, judulnya “before i go to sleep”. Film bergenre misteri thriller ini bercerita tentang seorang wanita yang punya penyakit amnesia akut, ingatannya hanya bertahan satu hari, setelah dia tidur dan bangun pada keesokan paginya, dia akan lupa apa yang terjadi kemarin. Dia hanya akan mengingat saat umurnya masih 20 tahun, sebelum mengalami trauma yang mengakibatkan dia amnesia.

Setiap bangun dari tidur dia akan bingung kenapa disampingnya tidur seorang laki-laki yang tidak dikenalnya. Laki-laki itu adalah suaminya, di dinding kamar mandi sang suami sudah menempelkan foto-foto pernikahan mereka, dan setiap pagi sang suami akan menceritakan pada istrinya yang amnesia itu tentang bagaimana mereka pertama kali bertemu sampai mereka menikah. Tapi saya bukan mau mereview film itu, silahkan ditonton, kayaknya FOX Movies Premium masih muterin filmnya. Saya suka film ini karena jalan ceritanya yang gak ketebak, saya memang suka film yang susah ditebak endingnya, kalaupun ketebak saya suka yang di pertengahan filmnya banyak kejutannya. πŸ˜€

Ada satu hal yang menarik dari film ini yang kemudian membuat saya mikir, jadi setiap pagi setelah si suami pergi ke kantor, si istri amnesia ini akan mendapat telepon dari seorang dokter yang mencoba membantu menyembuhkan penyakit amnesianya. Sang dokter memberikan sebuah kamera video tanpa sepengetahuan suaminya, sang dokter menyuruh si Istri amnesia ini agar sebelum tidur dia membuat sebuah video yang menceritakan apa yang dialaminya hari itu dan besok harinya sang dokter akan menelpon lagi agar si istri menonton video yang dibuatnya sebelum tidur itu. Kalo film ini dibuat lebih kekinian mungkin kayak VLOG dan si istri amnesia ini bisa upload videonya ke youtube.. 😅

Rasa-rasanya yang dilakukan si Istri itu sama seperti tujuan saya menulis, saya menulis agar tidak lupa. Yaaa saya gak nulis tiap hari sih, apalagi setiap sebelum tidur. Saya menulis hal-hal yang menarik bagi saya, hal-hal yang saya pikirkan, kegiatan menarik yang saya ikuti. Karena bagi saya semua orang akan lupa pada waktunya, entah karena penyakit atau karena usia, karena dari itu sebelum saya lupa, saya ingin mendokumentasikannya melalui tulisan. πŸ™‚

β€œOrang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
― Pramoedya Ananta Toer

Kata orang sih dokumentasi yang bagus itu Gambar/Foto, karena foto menangkap momennya. Tapi menurut saya sih dokumentasi yang paling bagus melalui tulisan karena bisa menceritakan detilnya, sedangkan foto bisa mempunyai banyak arti, semua yang melihat bisa mengartikan dari sudut pandangnya sendiri.

β€œTahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. (Mama, 84)”
― Pramoedya Ananta Toer, Child of All Nations

Saya ingin menulis, agar bisa hidup dalam keabadian. Kamu?

Posted from WordPress for Android

Iklan

46 thoughts on “Before I Go to Sleep

Add yours

  1. Saya menulis karena sayang aja udah bayar domain dotcom. Hahay

    Film itu kayaknya seru juga ya rik. Gua juga suka model2 film yg twist ceritanya bagus. Pengen nonton sih, tapi gak tau sama siapa. -_-

    1. Ehh gw kan nanya soal domain, gimana ta?

      Filmnya ngetwist lah… Bikin gue nebak2 apa yg sedang terjadi. Haha tapi saya filmnya udah gak putar di bioskop, film tahun kemaren soalnya. πŸ˜„

  2. Karena bagi saya semua orang akan lupa pada waktunya. <– cakep nih kata-katanya, saya suka. *kutip*

    Kalo tentang filmnya sih belum saya tonton tapi ini film mengingatkan saya sama film lain yang rada mirip, tapi lupa judulnya. Yang main aja nggak inget, hehehe. Pokoknya yang saya ingat itu tentang cowok yang mau pedekatein cewek yang punya masalah serupa. Jadi ntar biar dia bisa inget yang lalu" maka didokumentasikanlah lewat video (kalau nggak salah).

    Kalo masalah dokumentasi saya suka gabungan foto plus tulisan biar lengkap sekalian. Soalnya kadang-kadang sebelum sempat menuliskan sesuatu, kalo ada foto yang terkait itu momen saya biasanya bisa mengingat" kembali. Tapi yang paling detail memang tulisan sih.

    Dan … saya menulis karena saya tak terlalu suka bicara. πŸ™‚

    1. Iya kayaknya ada juga film serupa, kalo gak salah yg main Adam Sandler, tapi lupa juga nama filmnya apa. Hahaha 😁

      Tosh!!! βœ‹ kita sama, lebih suka komunikasi non verbal daripada verbal. Hehe

  3. Keren juga ya dokternya Rik … kalo caranya aktivitas dia direkam hari ini, pas besoknya ditonton dia jadi tahu kalo kemarin dia habis ngapain aja πŸ˜€

    Iya, sama kayak nulis… mulai dari hal yang nyenengin sampai bikin galau bakalan tersimpan rapi di blog kita.. mungkin buat saat ini, tulisan kita keliatan alakadarnya, tapi berpuluh2 tahun lagi (insya allah) waktu baca tulisan kita yg dulu, kita bisa nostalgia dengan indah… sambil menggumam, “eh iya, dulu gue pernah kayak gini. duh jadi bla bla bla”

    1. Keren juga ya kalo tulisan kita sekarang bisa dibaca 20 tahun lagi. Saat itu pasti kita udah dewasa banget, tulisan-tulisan di blog mengingatkan kita tentang polosnya pemikiran kita. 😁

  4. kalau bacanya pas pertama rasanya si suaminya ini tulus banget ya. nemenin dia meski tiappagi harus jelasin semuanya.

    kTa-katanya keren. menulis itu untuk keabadian
    saya nulis sh karena saya emang mau dan kayaknya juga sama. untuk jadi pengingat gitu di masa akan datang

  5. wah setuju banget tuh ahha. gue pernah denger filmnya, tp belum pernah nonton. kayaknya mah seru deh

    Gue sih menulis karena ingin mengisi waktu luang. asiik.

  6. Tujuan aku menulis supaya bisa diingat dimasa depan. Kalau gambar menurutku cuma penunjang tulisan saja, kan ada tuh istilah no pic = hoax. Juga lewat tulisan tadi bisa tau proses apa saja sebelum gambar itu terjadi.

    Kalau selamanya mesti bikin video, kira-kira habis berapa memori ya. Jadi penasaran nih

  7. Kalau aku menulis karena… cinta. Kalau kata Syahrini “KUMENULISSS SEMUA KARENA CINTAAA~ KUMENULIS UNTUK BAHAGIAAA~ HANYA UNTUK CINTAA~~”
    Emang cinta butuh alasan, ya? WHAHAHAHA.

    Filmnya bagus, ya? Ada yang gratisannya gak? Mau dong. Bhaha.

  8. kayak cerita anime Ishukan Friends, tapi bedanya kalo di Ishukan Friends ingatannya kan kereset setelah seminggu tiap hari senin tepatnya, terus temennya nyaranin buat nulis diary apa yang telah dilakukan selama seminggu dan membacanya pada hari senin agar tidak lupa tentang apa yang telah ia lakukan

  9. Hai, Ka Erik! Lama tak ber….jumpa dalam tulisan(?) Masih inget Sabila? :p

    Menulis agar tidak lupa ya? IYAAAAA!! Aku juga gitu. Apalagi kalo nulis omongan dosen. Beuh. Catatan aku kata temen mah lengkap :”) Abis gimana lagi dong? Suka lupa kalo cuma dengerin. Begitupun dengan nulis hal lainnya. Kayak pengalaman ke sana sini, pas begini pas begitu, apaaa ajaa deh. Pokoknya ya emang buat dikenang gitu tulisannya huehehe.

  10. pertama denger sinopsisnya kaya terusannya film 50 dates, film lama ttg orang yg cuma inget satu hari. tapi lebih kocak soalnya yg main adam sandler sama drew barrymore.
    mungkin film ini bisa dianggep sekuelnya kali ya, yg lebih serius

  11. Wah. Bagi orang-orang yang merasa hidupnya penuh sesak dengan masalah, ruwet, pusing, mereka kadang terpikirkan untuk menjadi amnesia (ini bukan saya, hanya saja orang-orang di sekitar saya sering mendengarkan lagu yang ada kalimat “lumpuhkanlah ingatanku” dalam liriknya). Tapi setelah membaca tulisan ini, yang membahas sedikit soal film befor i go to sleep di paragraf-paragraf awal, membayangkan harus menjadi orang baru setiap harinya adalah hidup yang mengerikan. Lantas bagaimana sengsaranya jadi orang yang selalu hilang ingatan? Ini membuat saya berpikir bahwa ingatan adalah salah satu nikmat yang sungguh-sungguh sangat mahal.

    dan untuk poin yang kedua, saya menulis karena………. *tut tut tut

    Anyway, its nice to read your post again, Bang introvert Er! πŸ™‚

  12. gue pengen nulis karena alsan yang lo sebutkan tadi bang hahaha..

    alasan lain gue pengen nulis si bang pengen nulis ajah, daripada gue ngomel-ngomel melulu haha
    semoga kita bisa abadi dalam sejarah

  13. Hai Rick. Kayanya filmnya so sweet gitu pke dikasi tau pernikahannya tiap hari sma suami. Ga capek ya? Hehehe…dan akhirnya lo bsa mengambil pelajaran dri apayg lo tonton. Itu khan cool!! Sama. Aku juga. Menulislah dan kau tidak akan lupa,tentang hari hari bersama keluarga, gelak tawa renyah bersama sahabat, memori indah bersama mantan (ups), pokoknya tulis dan tolak lupa. πŸ˜€

  14. Kayaknya pernah nonton film yg ceritanya mirip-mirip sama yg abang tulis di atas deh…judulnya 50 First Date, yg maen Drew Barrymore dan Adam Sandler, cobain cari deh, pasti abang suka =)

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: