‘Telefon aku dong mz..’

image

Jarang sekali ada orang yang berhasil di percobaan pertama, Power ranger dan satria baja hitam juga pasti kalah dulu sampai akhirnya mereka menemukan kelemahan musuhnya dan berjuang kembali kemudian menang. Hal ini yang kemudian menginspirasi saya,Β  setelah gagal di Tes dan interview kerja pertama, awalnya saya bertanya-tanya ‘kok saya gak lulus di panggilan pertama kerja ya, padahal waktu tes lancar-lancar aja, waktu interview juga asik-asik aja sama manajernya’. 2 bulan tanpa kabar saya mengambil kesimpulan bahwa saya ditolak!! Ini kayak pacaran terus pisah tanpa kata putus. πŸ˜₯ tapi yaudahlah… Seperti Power ranger tadi masa baru percobaan pertama interview saya langsung diterima kerja. Hidup saya gak ada petualangannya dong. Hehe 😅

2 minggu lalu saya mengirimkan lamaran lagi ke salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan, kita sebut saja perusahaan itu PT. Permodalan Nasional Madani (Persero). #Lah!. Hari sabtu kemaren saya ditelpon:

Halo, dengan pak Erick Paramata?’
‘Oh, iya saya sendiri bu… ‘
‘Cieee… Sendirian aja,  Jomblo ya… HAHAHAHASAMAHAHA’
tuut…. Tuut… *telpon ditutup*
……… 😑’
(5 menit kemudian)
‘Halo, saya yang tadi pak Hehe…  Ini dengan pak Erick Paramata?’
‘Hmmm… Iya bu, saya sen……dari tadi’
‘Oh iya pak saya dari PT. PNM, surat lamaran bapak sudah kami terima, hari selasa datang di jalan -+@$!?*/?, untuk tes ya pak.’
iya,  bisa.. Bisa bu.’
‘Oke,  jangan telat ya pak! Terima kasih’

Saat menerima telepon itu saya baru bangun dari tidur, tau sendiri kalo baru bangun harus ngumpulin nyawa dulu. Karena belum connect saya tidak mendengar dengan jelas jam berapa dan dimana lokasi tesnya. Beruntung saya punya teman yang dulu pernah ikut tes di perusahaan  itu, dan saya menanyakan lokasi tesnya. Yang menjadi masalah adalah jam berapaaaaa??? Karena saya takut telat dan menimbulkan kesan buruk sebagai calon karyawan, saya memutuskan akan datang jam setengah 8. :mrgreen:

Saya mempunyai waktu 2 hari untuk mempelajari psikotes dan membaca kembali buku-buku sesuai dengan bidang keahlian saya akuntansi karena saya melamar untuk posisi Keuangan Cabang. Di panggilan pertama kerja saya memang sedikit bermasalah dengan psikotes, karena belum pernah mengikuti psikotes sebelumnya saat mengerjakannya saya asal-asalan.

2 hari belajar psikotes dan mengetahui arti dari soal psikotes, saya jadi mengerti kenapa saya gagal di panggilan pertama kerja, ketika disuruh menggambar pohon, orang dan rumah saya menggambarnya asal-asalan, dari hasil itu saja perusahaan bisa mengartikan saya orang yang kurang detail sehingga tidak cocok dengan perusahaan  itu. Saat mengerjakan tes kraepelin saya orang yang terburu-buru sehingga beberapa jawaban tidak tepat, dari situ saja perusahaan bisa menganggap saya orang yang tidak tahan terhadap tekanan kerja di perusahaan  itu.  Maka wajarlah saya tidak dipanggil lagi. Beberapa hari ini saya mulai introspeksi diri, tes-tes itu ada benarnya juga. Makanya untuk kedepannya nanti saya ingin terus memperbaiki diri dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Gagal di percobaan pertama ada hikmahnya juga, kalo gak gagal saya gak pernah introspeksi. Hehe πŸ™‚

Tes pun tiba, saya datang pukul 8 pagi, setelah mengecek daftar nama ternyata saya masuk dalam gelombang 2 tesnya jam 10. PLAK!! Harus nunggu 2 jam 😧. Saat masuk di ruang tesnya pun, saya salah duduk, harusnya urutan absensi nomer 1 saya malah duduk di meja nomer 18. Alhasil jadi perhatian para peserta tes, saya pun pindah meja sambil nyembunyiin muka di dalam tas keresek saking malunya. Di perusahaan yang saya lamar sekarang ternyata ada 5 tahapan seleksi, selasa kemarin saya sudah mengikuti psikotes tahap 1. Tes ini meliputi tes kepribadian dan berhitung cepat, jika lolos tes ini akan dihubungi untuk tes tahap 2 pada hari senin depan. Semoga saya lolos tes ini,  karena kalo tidak itu berarti saya punya masalah dengan kepribadian. Gila dong. Huhuhu… 😟

Telefon aku…. Akuu menunggumu…huu… Telefon akuu… 727 enam kaliiii. 😚

Sumber Gambar:
Megasenja-wordpress

Posted from WordPress for Android

Iklan