Catatan Akhir Kuliah

2 min read

“Kapan mau wisuda?”
“Nantilah diwaktu yg tepat. Daripada wisuda tepat waktu, lebih baik wisuda di waktu yang tepat kan? Hehe..”
“iya, wisuda itu gak perlu tepat waktu, tapi gak perlu juga di waktu yg tepat. Udaaah gak usah banyak ngeles! Wisudalah di suatu hari! Titik.
“I..iya..hehe..

Ada 2 pertanyaan yang menurut gue paling ngeselin di dunia ini, yang pertama Kapan Wisuda? dan yang kedua Kapan Nikah?. Beberapa tahun belakangan ini gue udah dapet pertanyaan pertama, tapi syukurlah pertanyaan itu akan terjawab tanggal 10 September nanti, hari dimana gue memakai Toga dan bersiap menyandang gelar pengangguran baru.

Gue adalah salah satu orang yang percaya bahwa “Setiap orang akan wisuda pada waktunya”. See.. Selangkah lagi gue wisuda. Haha.. Sebenarnya ini kesenangan yang telat sih, teman-teman seangkatan udah ngerasain ini beberapa tahun lalu sedangkan gue baru sekarang. Gak nyangka juga kuliahnya bisa lama gini, padahal selama kuliah gak punya masalah dalam akademik, IPK juga lumayan 3,20. Permasalahannya classic sih, masalah Biaya. Tapi ya udahlah ya.. Semua kan bakal wisuda pada waktunya. πŸ™‚

Duh... tapi dek. :(

Duh… tapi dek. πŸ™

Menjadi MaTeLu (Mahasiswa Telat Lulus) gue sih gak terlalu terganggu dengan itu, ya karena gue gini juga ada alasannya. Gue juga gak dipusingin sama masalah akademik, gak harus kuliah bareng adik tingkat. Tapi ada yang menarik ketika lu menjadi Matelu, akan ada teman-teman yang sangat berhati-hati saat ngobrol dengan kita. Misalkan ketemu teman seangkatan yang udah lulus duluan #pfft, tentu yang pertama akan kita tanya gimana kabarnya, udah wisuda blum, sibuk apa sekarang. Tapi yang terjadi di gue ketemu teman-teman seangkatan yang udah lulus duluan mereka hanya akan bertanya gimana kabar gue setelah itu akan ada hening yang panjang… Mereka kayaknya takut bikin gue tersinggung kalo nanya gue “kapan wisuda?” Hahaha.. Padahal mah gue biasa aja, kan nunda wisuda adalah pilihan gue. πŸ˜€

Berbeda lagi sama adik angkatan, mereka bakal nanya kapan wisuda, kapan lulus tanpa filter. Bahkan beberapa malah gemes sendiri karena dulu gue belum maju untuk ujian. Haha.. Semoga kawan-kawan dan adik tingkat gue ini diberikan kesuksesan dalam segala hal. Amiinn.. πŸ™‚

Ada yang bilang “Sahabat setia akan wisuda bersama” dan kenyataan hari ini gue wisuda SENDIRIAN. Apakah gue gak punya sahabat setia? Gak juga. Menurut gue quote itu keliru, karena sahabat setia adalah orang yang selalu ada membantu saat kita dalam kesusahan. Dan gue punya sahabat-sahabat itu, mereka adalah sahabat yang kerjaannya bukan nanya “Kapan lulus?”, Tapi mereka selalu bertanya “Apa yang bisa gue bantu sob?”. Cuma ya emang gue aja yang terlalu tertutup untuk ungkapin ke mereka. Hehe..

Lagian gue gak benar-benar wisuda sendirian. Pernah dengar slogannya Liverpool gak? Itu loh salah satu klub sepakbola di Inggris Mereka punya slogan YNWA (You Never Walk Alone). Gue juga punya slogan YNWA (You Never Wisuda Alone) karena gue akan wisuda bareng……..adik tingkat. #pffttttt

Tak ada yang abadi. ;)

Tak ada yang abadi. πŸ˜‰

Tak ada yang abadi bahkan untuk seorang Mahasiswa abadi. Ya dan itu benar, seperti yang gue bilang di awal bahwa semua akan wisuda pada waktunya. Dulu gue selalu berpendapat bahwa Wisuda itu gak wajib, yang wajib itu sholat 5 waktu, itu bener sih. Tapi gue nemu definisi/pandangan mahasiswa sebagai Agen perubahan dari Maulana Sam bahwa:

“Mahasiswa agen perubahan yg sebenarnya adalah mahasiswa yg mengubah statusnya menjadi sarjana, karena mereka bermimpi mengubah dunia dengan mengawali mengubah statusnya.

Jangan selalu bicara mengubah dunia kalo nggak bisa mengubah dirinya sendiri.” ~Sam

Tapi jangan juga karena pengen cepet-cepet jadi sarjana, terus kalian hanya fokus di akademik doang. Cobalah aktif di kegiatan kemahasiswaan, belajar organisasi, belajar kepemimpinan, belajar kerja tim. Karena menurut gue itu yg diperlukan di dunia kerja daripada IPK lu yang selangit. Tenang aja.. Tak akan lari Wisuda dikejar. Wisuda itu kayak jodoh, gak akan kemana, Ini hanya soal waktu aja. kuliah ini tau-tau, tau-tau kuliah, sidang, tau-tau wisuda. Kita hanya perlu bersabar. πŸ˜€

Jujur gue begitu excited saat ini, memikirkan apa yang bakal gue lakuin setelah wisuda nanti dan menghadapi dunia yang sesungguhnya. Gue pengen ngerasain gimana susahnya nyari kerja, nyeseknya pas lamaran kerja ditolak, gimana rasanya megang gaji pertama, gimana susahnya nyari uang buat nikah nanti, gimana mikirin kebutuhan anak, bayar uang sekolah anak, bayar uang kuliah anak, denger pertanyaan β€˜Kapan anakmu lulus?”. AKKK I’M VERY VERY EXCITED!! GUE GAK SABAR UNTUK ITU!! HAHAHA.. XD

β€œHidup ini bagai skripsi… banyak bab dan revisi yang harus dilewati. Tapi akan selalu berakhir indah… bagi mereka yang pantang menyerah. ”

β€œKuliah itu adalah sebuah medan perang yang terlalu indah untuk diakhiri dengan
kata menyerah” ~from
SKRIPSHIT: Alitt Susanto

34 Replies to “Catatan Akhir Kuliah”

  1. Gue juga excited bang, semester ini gue mau skripsi. Kalo lo penasaran gimana susahnya nyari kerja dan nyeseknya lamaran di tolak. Gue mau tau deg-degannya ngeliat dosbing megang spidol Marker sambil nyoretin skripsi gue nanti πŸ˜€ Sukses bang..

  2. Alhamdulillah akhirnya wisuda juga ya kaker.
    Selalu terngiang nih omongan kaker kalo yg penting itu solat 5waktu ya dari pada wisuda:p sukses ke depannya kak^^

  3. Orang yang lama lulusnya bikin alasan yang banyak macemnya. Tapi syukurlah kalo lu segera lulus bulan besok. Selamat kakak, Erik!

  4. Bang Errrr, kali ini vina setuju banget sama Bang Errr.. positif banget..
    meskipun ya walaupun πŸ˜€

    suka juga sama quote

    β€œHidup ini bagai skripsi… banyak bab dan revisi yang harus dilewati. Tapi akan selalu berakhir indah… bagi mereka yang pantang menyerah. ”

    itu emang bener..

    hmmmm
    sekali lagi selamat jadi wisudawati ya bang errr πŸ™‚

    iya IPK yang selangit emang kadang nggak berguna kalau nggak diiringi dengan skill dkk.

    Dan pandangan bang Errr sejauh ini jauh banget yaa ampe anaknya wisudaaa jugaa udah di fikirkan -_-

    Dan bang errrrr selamat menempuh hidup baruuuuuu~~ πŸ˜€

  5. Wah, kamu sudah lulus aja rick. aku aja baru masuk kuliah ini. hari selasa ini ospek aaaaak.

    sama, aku juga nggak setuju sama quote sahabat setia akan lulus bersama. harusnya sahabat ya harus membantu temennya bukan menghalangi temennya untuk wisuda. gitu sih kayaknya ahahaha

    kenapa sih mahasiswa tua sensitif ditanyain kapan lulus? aku mungkin belum merasa aja kali ya~

  6. Sepertinya problem ini mendunia banget ya di kalangan Mahasiswa Telat Lulus kaya abang. Hampir semua Mahasiswa tingkat akhir yang belum lulus-lulus ngebicarain ini loh. Atau jangan-jangan… Mereka reinkarnasi dari abang?

  7. Positif banget lo bang. Wisuda itu kaya singlee, hanyalah sebuah pilihan. Yang suka nanya2 kapan wisuda, kapan kawin, kapan.punya pacar, itu tuh otaknya terlalu mainstream karena terpaku dengan yang namanya sebuah kebiasaan.

    Misal kalau umur sekian harus udab lulus. Pas umur sekian kawin. Pas umur sekian modar deh hhe

    1. Nah! Bener tuh… Hidup mah jalanin aja. Nasib kita di masa depan udah ada yg ngatur asalkan mau berusaha ngejar itu. Kalo cuma diem, ya masa depan juga bakal diem. πŸ˜€

  8. bener juga sih, rik. wisuda di waktu yg tepat. dan finally, akhirnya lo wisuda juga.

    bntar deh…. itu kta lo, ‘ teman-teman seangkatan udah ngerasain ini beberapa tahun lalu sedangkan gue baru sekarang’ serem, rik sumpah. wakakakak

    yah, dengan wisuda ini, bertambah 1000 org pengangguran di indonesia. semangat aja, rik. pasti ada jalan. yaah, YNWA
    dan pstinya, sahabat” skitar lo, slalu ngedukung lo

  9. Alhamdulillah, akhirnya Erick wisuda. Semoga setelah ini bisa menjalani kehidupan sebenarnya dengan tetap menjunjung idealisme yang ada semasa kuliah ya. Semoga pula menjadi orang yang berguna untuk agama, orang tua, dan bangsa. Sukses selalu, dan ditunggu kabar baik selanjutnya.:)

  10. mungkin gue adalah salah astu orang yang sangat mengerti perasaan lo tentang postingan ini Rik…
    Wisuda itu hak segala mahasiswa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas mahasiswa harus dihapuskan… dan bla bla bla

    untung gue telat wisuda tapi gak sampai wisuda sendirian, itu gak asik banget Rik menurut gue πŸ˜€

    dan selamat menempuh kerasnya dunia sesungguhnya, selamat menaikkan pola pikir yang jelas bakalan jauh banget seperti saat2 jadi mahasiswa.. sekarang udah bener2 harus mikir buat ke depan..
    semoga lo bisa menikmati semua itu karena kadang realitanya nyesek banget~

  11. selamat ya sebentar lagi wisuda, meski telat πŸ™‚
    tapi gapapa yang penting wisuda, daripada engga #eh.
    hm, sekarang aku udah semester lima dan cukup takut sama “skripsi”, jadi degdegan karena sebentar lagi menuju kesana

  12. akhirnya mau jadi wisudawati, eh wisudawan juga
    selamat jadi pengangguran baru, semoga ga lama2 deh πŸ™‚
    semoga solat 5 waktunya juga ga ketinggalan *pakai peci

  13. Alhamdulillah wisuda juga ya. dan selamat menempuh dunia yang baru bang Er.. kalo ditolak kerja mah itu biasa, emang skripsi gak pernah ditolak. Pernah kan.

    Itu mabanya bagus juga ya. ngebaca tulisan akhir, keknya gue harus beli bukunya Bg alit nih

  14. tak begitu penting wisuda cepat, yang penting wisuda di waktu yang tepat. Asek, keren nih kata-kata. Mungkin kata-kata ini yang gue pak SEANDAINYA nanti gue terjebak dalam kerasnya dunia perkuliahan. Mueheheheehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.