Muda kaya raya, Tua hidup merana.

Siapapun pasti ingin menikmati masa tua dengan tenang, bersantai dirumah, pergi berlibur, bermain dengan cucu kesayangan. Setelah di usia produktif menghabiskan waktu untuk bekerja mencari penghasilan lebih. Tapi sayangnya sekarang banyak juga orang yang sudah cukup berumur atau sepuh masih saja membanting tulang untuk bekerja sehingga tidak bisa menikmati masa tuanya.

Orang-orang yang saat muda mempunyai penghasilan lumayan, tapi saat tua malah melarat biasanya karena tidak merencanakan dana pensiun. Banyak sekali orang yang meremehkan dan menganggap sepele hal ini. Mereka berpikir belum waktunya untuk memikirkan pensiun. Ada juga yang berpikir bahwa harta mereka saat ini sudah berlimpah jadi merasa tenang hingga masa tua kelak.

Saya pribadi belum memikirkan tentang dana pensiun karena belum mempunyai penghasilan tetap. Tetapi memikirkan ketika tua nanti masih harus bekerja. Hmm.. Mungkin ada baiknya saya harus mulai memikirkan perencanaan untuk dana pensiun. Bagi beberapa orang terlalu cepat memikirkan dana pensiun di umur yang masih sangat muda. Tapi sebenarnya ada juga keuntungannya. Yang pertama memberikan ketenangan di masa muda karena telah merencanakan dana pensiun, yang kedua menghindari masalah-masalah di hari tua nanti yang pasti akan kita temui.

Alasan mengapa dana pensiun itu begitu penting dan harus direncanakan dari sekarang:

  1. Β Kebutuhan hidup yang semakin bertambah dan harga yang terus meningkat.
    Penghasilan kita hari ini mungkin cukup untuk membiayai hidup kita saat ini, tapi dengan naiknya inflasi, perkembangan zaman tentunya penghasilan kita tidak akan menutupi kebutuhan-kebutuhan kita, maka dengan menyiapkan dana pensiun seperti berinvestasi untuk hidup kita dimasa tua nanti.
  2. Bertambahnya usianya membuat semakin rentan terhadap penyakit, yang tentu
    membutuhkan biaya. Di masa tua nanti, pasti kita akan mulai mendapatkan berbagai masalah kesehatan, jika mempunyai dana pensiun mungkin kita tidak akan terlalu memikirkan biayanya.
  3. Adanya sikap tidak ingin bergantung pada anak dan sanak saudara.
    Dimasa tua nanti, kita gak mungkin terus berharap agar anak atau saudara akan mengurus kita. Mereka pasti punya permasalahan dalam hidupnya, jika ditambah dengan mengurus kita pasti akan lebih berat. Dengan dana pensiun kita gak perlu lagi berharap pada anak dan saudara, malah mungkin kita bisa membantu mereka dengan dana pensiun kita. πŸ™‚

“Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini??”

Cara mempersiapkan dana pensiun kita bisa dibilang cukup mudah, yaitu dengan mengikuti layanan program pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia. Mereka punya program layanan bernama “BNI SIMPONI” yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di saat sudah tidak bekerja di Masa tua. πŸ™‚

Cara mendaftar pun sangat mudah, tinggal datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa fotocopy KTP dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri serta menyetor iuran awal minimal sebesar Rp 250.000 maka kita bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi.

Walaupun peserta berpenghasilan terbatas, namun dengan melakukan iuran minimal Rp 50.000, ya lumayanlah untuk ukuran mahasiswa. Menyisihkan Rp. 50.000 untuk investasi masa depan. Kenapa tidak? Apalagi peserta BNI Simponi akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah nanti memasuki usia pensiun, kita berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris.

Mempersiapkan dana pensiun sejak muda itu sama saja seperti berinvestasi, Nah! Setelah menjadi peserta BNI Simponi bisa memilih sendiri jenis investasinya seperti apa. Saya sudah mulai berpikir untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini, karena memikirkan keuntungan-keuntungannya disaat pensiun nanti.

Kalau kita sudah menyiapkan dana pensiun sejak dini, tentunya kita tidak ragu lagi nih pensiun muda. Tidak perlu menunggu usia 60 untuk bisa menikmati hidup dari dana pensiun kita. πŸ™‚

Bagaimana dengan kalian?? Sudah memikirkan untuk mempersiapkan dana pensiun sejak muda?? πŸ˜‰

“BNI SIMPONI”

Iklan

49 thoughts on “Muda kaya raya, Tua hidup merana.

Add yours

  1. wah, nice post. bagus ini buat semua kalangan yang ingin menikmati masa tua dengan nyaman, tentram dan damai. Tapi gw rasa udah banyak kok bank yang nawarin simpanan dana pensiun ga cuma BNI aja. πŸ˜€

  2. iya sih, aku juga belum memikirkan tentang dana pensiun. padahal belum tentu selamanya bisa kerja ya. lagi pula benar bahwa kebutuhan makin lama makin meningkat, harganya pun akan terus meningkat. memang harusnya direncanakan dari sekarang. aku sih cuma punya tabungan aja. itupun gak seberapa banyaknya.

    boleh juga dicoba BNI simponinya. biar ada simpanan untuk masa depan, jadi gak perlu khawatir meski sudah gak kerja lagi. πŸ˜‰

    1. Iya aku juga nabung kok, haha.. Tapi kayaknya gak bakal cukup untuk masa tua. Dengan layanan dana pensiun sama saja kayak berinvestasi. Jadi lebih untung sih.. Haha.. πŸ˜€

      Wah iya, yukk.. Gue juga pengen coba. πŸ™‚

      1. bener rick. tabungan gak bakal cukup buat masa tua, cukupnya cuma paling buat hidup sebulan. hehehe. iya, gue juga mikirnya gitu. kalau berinvestasi kan dananya tetap terjaga. masa tua pun gak akan sia sia ya rick.

        hayu lah, tapi disini belum ada program itu sih. ntar gue mau tanya dibanknya. cuma 250.000 kan ya daftarnya?

  3. Bingung mau komen apa. Tapi untung ada pertanyaan di akhir postingan. Haha.

    Kalo aki sih belum. Enggak, bukan dana pensiunnya. Bahkan mikir untuk masa2 produktif ini mau ngapain aja belum. Apalagi masa tua

  4. semoga menang lombanya rik πŸ˜€ ga sia2 gue ngasih tau di grup kemaren2 berarti hahaha πŸ˜€

    jujur aja gue belum mempersiapkan apa2 buat hari tua gue. karena gue sendiri masih blm punya kerjaan. tapi dari uraian lu tadi kelihatannya gue bisa memikirkan ulang hal itu. lumayan juga cuman iuran 50ribu tiap bulan bisa dapet dana pensiun di hari tua. apalagi kalo dapat kerjaan. makin banyak dana pensiun gue. ye ga? πŸ˜€

    1. Haha iya bener go.. πŸ˜€

      Nah! Itu mungkin konsep dana pensiun sejak dini, iurannya murah dan gak beratin. Sama kek asuransi lah.. Bedanya ini dicairin pas kita tua nanti. Haha πŸ˜€

  5. keren lu Rick, kepikiran bikin kaya begini segalaaa…ini lomba ato apa aku buka yang pas BNI nya tapi menuju ke internet positif kayak begtu…

    tapi aku jadi sadar nih, harus mulai memikirkan hari tua dari sekarang nanti bisa bsa kayak gamabr di atas, hiiiiii…jangan sampeee dah. hidup masa tuaaa!! hahaha

    1. Haha ini lomba kak, iya pas dibuka dari operamini situsnya ke blok gitu. 😐

      Nah! Ka meyke udah harus nih, kan udah kerja, tinggal nikah doang yg belum. #ehh XD

  6. benerjuga kak, harus dari muda mikirin hal kaya gitu, itu bukan hal sepele. soalnya jadi tua itu pasti hehe. Dan steiap orang juga mau menikmati masa tua yang bahagia, jadi postingan ini bagus banget ;D

    1. Hahaha.. Iya, eh tapi gak mesti setor tiap bulan juga. Bisa dicicil-cicil gitu sesuai kemampuan. Haha.. Klik link BNI SIMPONI di bawah postingan deh, ada penjelasannya disitusnya. πŸ˜€

  7. iya nih…
    kayaknya memang harus direncanakan jauh hari untuk masa tua kita nantinya.
    masih menikmati masa muda mulu,.. masa tua menderita sepanjang masa.. aduh..

  8. Aduh Bang Ewrick aku nggak kebayang loh mau bikin konten blognya gimana haha. Tapi kamu udah start duluan. Bagus bagus. Aku setuju banget sama isinya. Apalagi sama alasan kenapa kita harus bikin dana pensiun itu.

    Aku juga masih suka nabung sih, tapi uangnya ditabung buat diborosin. Jadi udah nabung banyak malah dipake main hahaha-_-

    Good luck ya lombanya semoga menang!

    1. Hahaha.. Coba cari referensinya di internet dwi, banyak kok. Terus jelasin pentingnya sesuai pandangan kita. πŸ˜€

      Nah! Dana pensiun ini sama sih kek nabung, tapi uangnya gak diem aja, tapi di investasiin. Hehe.. Makasih. πŸ™‚

  9. waaah ternyata kak er calon suami yang baik yaa, sudah memikirkan bagaimana masa depannya nanti kalo udah pensiun :)) semoga cepet nikah ya kak *salah fokus*

    hmm, kalo aku sendiri sih belum kepikiran nyampe situ. Untuk sekarang ini mungkin bisanya nabung dulu kali yaa~
    btw, semoga menang lombanya πŸ™‚

  10. wah keren nih…
    gue udah kepikiran begituan sih, sedikit demi sedikit nabung..
    cuma masalahnya gue juga kadang suka khilaf narikin duit di atm mulu 😦

    kalo ini investasi berarti gak bisa sewaktu-waktu diambil ya rik? sebulan 50 ribu kayaknya sih gak masalah kali ya…
    enteng bangetlah buat mahasiswa yang tiap hari makannya mie instant mulu.
    btw, itu per bulan kena biaya admin berapa?

    1. Wah iya dot, gak bisa langsung ditarik, saat pendaftaran pasti ada surat perjanjiannya gitu. Yahh… Namanya juga dana pensiun, penarikannya saat kita udah masuk masa pensiun lah. Haha πŸ˜€

    1. Haha.. Dari saat mahasiswa juga udah boleh, malahan lebih bagus. Kalo udah kerja mah, kebutuhan lebih banyak. Gak mikirin dana pensiun, tapi tergantung kantor tenpat kita kerja sih.. πŸ™‚

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: