Muda kaya raya, Tua hidup merana.

Siapapun pasti ingin menikmati masa tua dengan tenang, bersantai dirumah, pergi berlibur, bermain dengan cucu kesayangan. Setelah di usia produktif menghabiskan waktu untuk bekerja mencari penghasilan lebih. Tapi sayangnya sekarang banyak juga orang yang sudah cukup berumur atau sepuh masih saja membanting tulang untuk bekerja sehingga tidak bisa menikmati masa tuanya.

Orang-orang yang saat muda mempunyai penghasilan lumayan, tapi saat tua malah melarat biasanya karena tidak merencanakan dana pensiun. Banyak sekali orang yang meremehkan dan menganggap sepele hal ini. Mereka berpikir belum waktunya untuk memikirkan pensiun. Ada juga yang berpikir bahwa harta mereka saat ini sudah berlimpah jadi merasa tenang hingga masa tua kelak.

Saya pribadi belum memikirkan tentang dana pensiun karena belum mempunyai penghasilan tetap. Tetapi memikirkan ketika tua nanti masih harus bekerja. Hmm.. Mungkin ada baiknya saya harus mulai memikirkan perencanaan untuk dana pensiun. Bagi beberapa orang terlalu cepat memikirkan dana pensiun di umur yang masih sangat muda. Tapi sebenarnya ada juga keuntungannya. Yang pertama memberikan ketenangan di masa muda karena telah merencanakan dana pensiun, yang kedua menghindari masalah-masalah di hari tua nanti yang pasti akan kita temui.

Alasan mengapa dana pensiun itu begitu penting dan harus direncanakan dari sekarang:

  1. Β Kebutuhan hidup yang semakin bertambah dan harga yang terus meningkat.
    Penghasilan kita hari ini mungkin cukup untuk membiayai hidup kita saat ini, tapi dengan naiknya inflasi, perkembangan zaman tentunya penghasilan kita tidak akan menutupi kebutuhan-kebutuhan kita, maka dengan menyiapkan dana pensiun seperti berinvestasi untuk hidup kita dimasa tua nanti.
  2. Bertambahnya usianya membuat semakin rentan terhadap penyakit, yang tentu
    membutuhkan biaya. Di masa tua nanti, pasti kita akan mulai mendapatkan berbagai masalah kesehatan, jika mempunyai dana pensiun mungkin kita tidak akan terlalu memikirkan biayanya.
  3. Adanya sikap tidak ingin bergantung pada anak dan sanak saudara.
    Dimasa tua nanti, kita gak mungkin terus berharap agar anak atau saudara akan mengurus kita. Mereka pasti punya permasalahan dalam hidupnya, jika ditambah dengan mengurus kita pasti akan lebih berat. Dengan dana pensiun kita gak perlu lagi berharap pada anak dan saudara, malah mungkin kita bisa membantu mereka dengan dana pensiun kita. πŸ™‚

“Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini??”

Cara mempersiapkan dana pensiun kita bisa dibilang cukup mudah, yaitu dengan mengikuti layanan program pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia. Mereka punya program layanan bernama “BNI SIMPONI” yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di saat sudah tidak bekerja di Masa tua. πŸ™‚

Cara mendaftar pun sangat mudah, tinggal datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa fotocopy KTP dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri serta menyetor iuran awal minimal sebesar Rp 250.000 maka kita bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi.

Walaupun peserta berpenghasilan terbatas, namun dengan melakukan iuran minimal Rp 50.000, ya lumayanlah untuk ukuran mahasiswa. Menyisihkan Rp. 50.000 untuk investasi masa depan. Kenapa tidak? Apalagi peserta BNI Simponi akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah nanti memasuki usia pensiun, kita berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris.

Mempersiapkan dana pensiun sejak muda itu sama saja seperti berinvestasi, Nah! Setelah menjadi peserta BNI Simponi bisa memilih sendiri jenis investasinya seperti apa. Saya sudah mulai berpikir untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini, karena memikirkan keuntungan-keuntungannya disaat pensiun nanti.

Kalau kita sudah menyiapkan dana pensiun sejak dini, tentunya kita tidak ragu lagi nih pensiun muda. Tidak perlu menunggu usia 60 untuk bisa menikmati hidup dari dana pensiun kita. πŸ™‚

Bagaimana dengan kalian?? Sudah memikirkan untuk mempersiapkan dana pensiun sejak muda?? πŸ˜‰

“BNI SIMPONI”

Iklan