Gue Pilih Orang Ini Waktu Tanggal 9 April Kemaren!

Pemilihan Legislatif selesai sudah, Semua Caleg juga udah tahu hasilnya apakah mereka berhasil duduk di kursi empuk Anggota Dewan atau malah Gagal dan tidur di kasur empuk Rumah Sakit Jiwa. Pengumuman resmi dari KPU Pusat sih nanti tanggal 9 mei, tapi di beberapa daerah, perhitungan di tingkatan KPU Provinsi telah selesai dan hasilnya sudah bisa diketahui.

Yang rame di TV, Media online sekarang adalah tentang Caleg-caleg Stress, ada yang blokir jalan umum, nutup sekolah, nyita rumah orang yang gak milih si caleg, dan ada banyak hal-hal konyol yg dilakuin para caleg gagal ini. Tapi gue bukan mau bahas tentang nasib para Caleg-caleg gagal ini, Gue pengen bahas pilihan gue di PILEG kemaren untuk DPR-RI. ๐Ÿ™‚

Elnino M. Husein Mohi

Elnino M. Husein Mohi

Yuup.. Orang ini, di PILEG kemaren gue nyoblos dia untuk DPR-RI, walaupun sebenarnnya gue gak suka partainya. Karena konon ketua partainya suka nyulik orang! #ehh *diculik*

Elnino Mohi adalah orang yang membuat heboh Gorontalo pada 2009 lalu. Tepatnya PEMILU 2009 karena secara mengejutkan dia terpilih jadi Anggota DPD-RI. Padahal waktu itu saingannya adalah Tokoh-tokoh daerah dan para konglomerat untuk mendapatkan kursi DPD-RI.

Bang Elnino. Dia bukan orang kaya. Bukan pula politisi, bukan elit, bukan pejabatโ€”bahkan bukan keluarga pejabat, bukan tokoh lokal. Pemuda bertubuh kecil berkulit gelap itu hanyalah seorang wartawan. Hanya seorang aktifis. Jadi mungkin hampir gak ada yang percaya, dengan tabungan pribadinya sebesar Rp. 2,5 juta, beliau meraih hampir 50 ribu suara atau 9% dari total pemilih Gorontalo dan melenggang ke senayan untuk duduk di DPD-RI.

Lo percaya gak modal kampanyenya Rp. 2,5 juta?? Yaa gak mungkin lah ya. Karena ternyata sebagian besar dana kampanye Bang Elnino di dapat dari sumbangan rakyat. Kerenn gak tuh dapat uang dari rakyat untuk kampanye. Tapi tanggung jawabnya lebih besar, karena harapan rakyat, uang rakyat sudah diberikan ke beliau untuk mewakili suara mereka di DPD-RI. ๐Ÿ™‚

Satu hal yang gue suka dari sosoknya adalah abang ini masuk ke politik bukan untuk mencari kekayaan atau jabatan. Tapi beliau coba memberikan pembelajaran politik ke masyarakat, beliau coba memberikan contoh bahwa begini loh harusnya berpolitik!, coba memberikan politik pencerahan. Bahkan info yang gue dapet Sejak dilantik 1 Oktober 2009 sebagai Anggota DPD-RI, bang elnino tinggalnya di Asrama
Mahasiswa Gorontalo (Asrama ini diperuntukan untuk Mahasiswa Gorontalo yang merantau ke Jakarta untuk kuliah disana. Asramanya itu ada di Jalan Salemba).

โ€œSoal tinggal di asrama sih saya sudah biasa. Sejak SMA tinggal di asrama, hingga dua tahun lalu juga tinggal di asrama ini waktu kuliah S2 di UI. Tetapi kadang saya risih karena ada saja orang yang menganggap saya sok suci, sok miskin, heheโ€ฆโ€ ~ Elnino Mohi

Karena dana kampanyenya berasal dari rakyat maka beban moralnya besar banget. Terpilih secara murni, bahkan gak ngeluarin ongkos yang besar untuk kampanye, bang Elnino menciptakan sistem untuk mengelola seluruh uang yang diperoleh dari DPD agar dapat bermanfaat bagi konstituennya rakyat Gorontalo.

โ€œTidak elok sebetulnya bila digembar- gemborkan soal ini. Tetapi secara garis besar, seluruh pemasukan dari DPD masuk ke Tim-9, dulu adalah Tim Pemenangan Elnino, lalu Tim-9 inilah yang memanfaatkan dana tersebut untuk menggaji Elnino, menyusun program kerakyatan dan melaksanakannya.โ€ ~ Thariq Modanggu

Nah! Uang-uang yang didapat oleh bang Elnino selama di DPD-RI gak langsung masuk kantong, tapi disetorkan ke Tim-9 (Tim Sukses Elnino Mohi) terus bakal dikelola untuk program kerakyatan dan menggaji bang Elnino. ๐Ÿ˜€

Menjelang akhir jabatannya di DPD-RI periode 2009-2014 beliau menerbitkan buku Laporan Pertanggung Jawaban kinerjanya selama di DPD-RI, dari program-program yang terlaksana dan yang belum terlaksana, kemudian buku-buku itu dibagikan ke masyarakat agar tahu bahwa ini loh, kerjaanku selama 5 tahun di DPD-RI!. ๐Ÿ˜€

Buku Laporan Pertanggungjawaban selama di DPD-RI Periode 2009-2014

Buku Laporan Pertanggungjawaban selama di DPD-RI Periode 2009-2014

Pemilu 2014 beliau gak mencalonkan kembali di DPD-RI, tapi dia mencalonkan ke DPR-RI. Yang gue baca di koran lokal, beliau terpilih dan mendapatkan 1 kursi untuk DPR-RI. Hanya ada 3 Kursi DPR-RI untuk Provinsi Gorontalo. 2 kursi lainnya sudah didapat oleh partai kuning. Gue salut karena akhirnya mendapatkan 1 kursi di DPR-RI karena itu artinya Rakyat Gorontalo mendukung beliau. Padahal kalo gue lihat-lihat saingannya beraaaaattt men! Hahaha… Pertarungan untuk dapat kursi DPR-RI dari Gorontalo emang sulit. Karena yang mencalonkan adalah putra-putri daerah terbaik menurut gue. Ada 2 Mantan Gubernur yang ikut bertarung dan tokoh-tokoh masyarakat.

Untuk itu gue bersyukur, Alhamdulillah Bang Elnino terpilih, beliau terpilih tanpa politik Uang, tanpa pelanggaran kampanye. Bahkan Mesin politiknya hanya 100 mahasiswa yang jadi relawan dan bekerja selama 6 bulan terakhir. Iya, basis pendukung beliau rata-rata anak muda.

Gue pengennya sih beliau bisa seperti rekan separtainya di Gerindra yaitu salah satu Idola gue Basuki T. Purnama aka AHOK yang waktu duduk di DPR-RI secara blak-blakan memaparkan pertanggungjawaban kinerja dan keuangannya ke publik di website pribadinya. Hehe… ๐Ÿ˜€

Gue berharap banyak pada Bang Elnino, gue harap beliau bisa mengubah wajah DPR-RI kita hari ini yang dianggap bobrok. Memang susah berharap ke satu orang. Tapi gue yakin dan percaya ada banyak Orang-orang baik lainnya yang akan duduk di DPR-RI dan benar-benar menyuarakan aspirasi rakyat. ๐Ÿ™‚

Kalo pengen tahu lebih lengkap tentang beliau, bisa baca disini:
1. Elnino dan Fenomena Politik ~ gorontalopost.com
2.Elnino M. Husein Mohi ~ profilindonesia.com
3.Elnino: Politik adalah silaturahmu bukan menyakiti ~ gorontalopost.com

Beliau juga aktif di facebook, kadang sering ngasih motivasi: Facebook Page Elnino.

Itulah pilihan gue tanggal 9 kemaren. Sekarang gimana dengan lo? Masih ingat gak kemaren milih siapa? ๐Ÿ˜€

Iklan