Sudah cukup umurkah lo untuk mengambil keputusan? Kalo gitu ambillah keputusan terbaik lo dalam PEMILU tahun ini. πŸ™‚

Tahun 2009 menjadi awal gue ikut menentukan pilihan untuk Bangsa (Wuiihh..Berat nih!). Waktu itu gue lagi males banget dan niatin buat gak mau datang ke TPS buat milih. Gue mikirnya cuma satu suara ini emang ngaruh?, trus saat itu dipikiran gue politik itu kampreet! Gue muak lihat berita-berita di TV tentang korupsi, muak lihat pemerintah yang gak merhatiin rakyatnya, apalagi dengan banyaknya Demonstrasi yang makin memperlihatkan kerja pemerintah yang tidak becus.

Pada akhirnya waktu itu gue tetep berangkat ke TPS karena dipaksa Tante gue yang kebetulan saat itu Panitia TPS. Dengan langkah gontai gue ke TPS disaat Menit-menit terakhir ditutupnya pemungutan suara. Saat dibilik suara gue baru mikir “GUE HARUS MILIH SIAPA???”, Tante gue emang maksa harus datang buat milih, tapi dia gak ngasih Clue siapa yang harus gue contreng dibilik suara. Cukup lama gue berdiri di bilik suara dengan terbengong-bengong memegang 4 Kertas suara yang Besarnya udah kek kulkas 2 pintu (Eh Gak deng!). Tapi Surat suara waktu itu emang gede karena ada sekitar 40 Partai yang ikut berkompetisi.

5 Menit… 10 Menit…20 Menit… Gue masih bingung, Satpam di TPS udah mulai ngelihatin gue, Gue bales tatapannya, 5 Menit… 10 Menit… Gue masih bertatap-tatapan sama Pak Satpam TPS, sampai kemudian dia ngedipin mata kanannya sambil monyongin mulutnya. Syiiitt!

Ada 4 Surat Suara yang dikasih:
β€’ Surat suara Pertama untuk milih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota/Kabupaten (DPRD-Kota), Gue coba terawang namanya satu persatu sampai kemudian gue mencontreng satu nama yang gue kenal dari partai Pohon Kuning, dia masih punya hubungan keluarga. Contreng! (βœ”).
β€’ Surat suara Kedua untuk milih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRD-Prov), Waktu itu gue coba terawang juga sampe akhirnya gue milih nama yang balihonya sering gue lihat depan rumah dari partai PeKaEs. Contreng! (βœ”).
β€’ Surat Suara Ketiga untuk milih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Karena capek menerawang gue asal milih aja, Gue pilih Satu nama dari partai Pohon Kuning. Contreng! (βœ”).
β€’ Surat Suara keempat untuk Milih Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), ini juga gue milih asal-asalan, Gue milih salah satu calon Perempuan yang Cantik (Namanya Juga Cowok!). Contreng! (βœ”)

Kemuakkan dengan politik membuat gue menjadi apatis dalam memilih wakil-wakil rakyat itu, Gue gak mikirin apakah mereka orang yang tepat untuk jadi wakil rakyat, apakah mereka orang yang bersih, apakah mereka mampu menyuarakan suara rakyat?.

Tinggal Menghitung Hari Pemilu 2014 akan dilaksanakan, dalam perjalanan 2009 ke 2014, Gue aktif di beberapa organisasi kampus, Banyak berdiskusi, Mengenal politik kampus, dan berpolitik untuk sebuah jabatan. Politik gak selalu busuk, Politik gak selalu memuakkan, Politik itu baik jika dijalankan oleh orang baik dan politik akan Buruk jika dijalankan oleh orang-orang yang buruk. Jadi Jika saat ini lo menganggap politik itu busuk, berarti yang berpolitik saat ini adalaah orang-orang yang buruk.

Tahun 2009 saat menganggap politik memuakkan, gue ternyata memilih orang-orang yang gak jelas. Orang-orang yang gue pilih itu ternyata duduk sebagai wakil rakyat di DPRD-Kota, DPRD- Prov, DPR-RI dan DPD. Lo tau gimana mereka sekarang? Salah seorang yang gue pilih itu sekarang mendekam di penjara, satunya lagi disangkakan ikut bermain dalam kasus korupsi besar, dan 2 wakil lainnya gue gak tau sepak terjangnya, entah mereka jarang terekspos media atau mereka emang gak kerja sama sekali!.

Kalian bisa lihat Hasil pilihan-pilihan kita di 2009?? Bagaimana DPR-RI kita hari ini?? Ini adalah hasil pilihan kita di 2009 men!! Maka dari itu di 2014 ini BERHENTILAH BERSIKAP TIDAK PEDULI! BERHENTI MENGATAKAN ANTI DENGAN POLITIK!!

Anak Muda hari ini jangan lagi anti dengan politik, Lo sadar gak tiap keputusan politik di negara ini bergantung ke hidup lo? Biaya sekolah, biaya hidup, harga beras yang lo makan, Harga ikan, Harga Obat kalo lo sakit. Itu adalah hasil dari keputusan politik. Oke aja sih kalo lo kaya sampe 7 turunan gak habis-habis. Tapi ketidakpedulian lo dengan politik melahirkan Pelacur, anak terlantar, para pencuri, bahkan pencuri yang lebih dari semua pencuri. Lo tega?? Berhentilah bersikap tidak peduli!.

Kalo lo gak mau itu terjadi Berikanlah suara lo di Pemilu tahun ini. Pilih orang-orang terbaik yang harus duduk di DPR-RI.

9 APRIL 2014! Datanglah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan Berhentilah Bersikap Tidak Peduli!

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

57 thoughts on “Berhentilah Bersikap Tidak Peduli!

  1. bener bgt kita sebagai generasi muda gk boleh acuh terhadap pesta demokrasi yg udah ada didepan mata,,,keputusan ini harus diambil. anak muda punya peran penting dalam bersuara melalui suaranya 9 april nanti. terimakasih Erick sudah menyadarkan saya utk hal yg satu ini. PEMILU ……

  2. sip bang, harus memilih, karena kalau pilih akan ada dua kemungkinan “gagal / menang. Kalau gak milih pilihannya cuma satu yaitu gagal.” Berarti orang-orang yang gak milih nasibnya tergantung dari orang lain. Hem, tapi memang kalau untuk calon DPR hingga saat ini saya lom kenal calon-calon yang dia serius menjadi anggota DPR. Jadi bingung 😦 kalau presiden nanti saya tau orang-orang yang berkompeten πŸ™‚ hihi… Postnya manfaat bang edukasi buat kaum-kaum muda seperti ane

    1. Nah! Bener..bener.. Kalo gak milih nasib kita tergantung sama orang lain. Yang belum tentu dia mampu.
      Kalo soal anggota DPR-RI, bisa cek Daftar Caleg Tetap di Situsnya KPU, cari deh tempat tinggal kita. Tahun ini ada lebih dari 90% anggota dewan yang saat ini duduk, mencalonkan kembali. Jadi tinggal search nama mereka di Google dan lihat sepak terjangnya, kalo gak ada berarti mereka jarang terekspos atau mungkin mereka gak kerja sama skali. πŸ˜€

      1. hihi iya bang, harus banyak-banyak cari info dan selektif semakin mendekati, banyak cara dilakukan kang. Yaa ada yang posistif dan yang negatif pun banyak juga πŸ˜€

  3. haha.. gue dulu hampir mau ngepos tulisan tentang buta politik itu. tapi keduluan sama ide yang lain. dan ternyata lu duluan yang bikin. gpplah. intinya sama aja. yang penting datang ke TPS, dan coblos surat suaranya, meskipun nyoblos semuanya jg gpp. asal ga golput dan bangga menjadi orang yang tidak peduli πŸ™‚

    1. Yuupp.. Kalopun mau golput ya tetep aja datang ke TPS dan rusakin surat suaranya biar gak disalahgunakan sama orang yg gak bertanggungjawab. Tapi ingat golput karena emang karena menurut kita semua calon gak ada yang bener. Kalo golput karena gak tau dan gak mau cari tau tentang calegnya mah salah besar. Bahaya tuh. πŸ™‚

  4. coblos gue nomer 20034… *pasang muka ganteng*

    pasti bang, gue juga sekarng2 ini sadar kalo politik itu bukan untuk d hindari tapi dipahami dan dipelajari.

    btw, lo ga nyaleg bang?? πŸ˜€

  5. iya rick..sebenernya politik itu nggak buruk..yg buruk ya sebagian orang2 yang didalem dunia politik…

    bener..harus dipahami n dipelajari..toh 1 suara dri kita itu bakalan menentukan nasib pemerintahan selama bberapa taun kedepan…

    semangat nyobloss..hahaha

  6. Eh eh aku ikut pemilu perdana buat presiden ini haha nggak nanya ya kak._.

    Iya sih emang bener apa yang kamu bilang. Pemilu nggak selamanya buruk. Tapi sayangnya orang-orang yang ngejalaninnya yang kurang baik. Miris sih liatnya.

    Itu baca taun 2009 masih zamannya contreng-contrengan ya? Seberapa tuanya kamu kak? *eh

    1. Wah pemilih pemula nih.. (,–)/
      Makanya dwi, kita jangan ikut-ikutan jadi gak baik. Biarin aja mereka buruk, tapi kita gak boleh ikut mereka πŸ™‚

      Errrr…gak tua juga sih, 2009 aku tepat 17 tahun -__-“

      1. Iya dong haha bangga nih.
        Bener banget. Malah kita sebagai generasi penerus harus banyak belajar dari kesalahan pemerintah kita. Kita harus bisa lebih baik dari mereka untuk membangun Indonesia. Semangat! *kenapa malah pidato 😐

        Oahaha gak tua-tua amat ya.

  7. wah masih mending dateng k TPS…
    gw malah ngumpet gw mau datang ke TPS… ya habis.. gak ada satupun yg gw kenal.. mau di kocok kaya arisanpun bawaannya males..
    tp bener bang…. sekarang gw udah tobat… gw bakalan ambil suara di pemilu kali ini… mudah2an kocokan gw tepat *eh
    postingannya mantap gan … mengingatkan generasi muda yg udah lupa akan kewajibannya sebagai warga negara yg baik πŸ˜€

    1. Iya bagus sih, daripada gue milih orang GaJe. Tapi bagusnya tetep datang dan rusakin surat suaranya kalo mau golput, jangan sampe suara kita digunakan orang yg gak bertanggungjawab. πŸ˜€

  8. Kalo aku besok insya Alloh milih hanura bang! dan untuk pertama kalinya gue punya hak memilih #MerasaDewasa πŸ˜€ gue gak mau golput. soalnya Golput Itu Bukan Sebuah Pilihan. JAngan sampee!!!! :v

  9. setujuuuu bnget kaker… politik itu baikk.. klu buruk ya it krn dijlnkn sm org2 yg memng buruk.. jngn apatis ya… hmmm blum prnh ikut memilih nih…

  10. sumpah nih lu sempet bangett bikin postingan kayak begini Rick.. kalo gue malah galau…soalnya gue lagi merantau dan pastinya gue harus noblos di kota asal gue. How come?? tapi gue juga bingung mau mendaratkan pilihan pada siapa..semuanya gue pikir pake pencitraan. -.- malesss

    1. Ahaha iya kak, eh tapi kalo gak salah ada mekanismenya tuh yg lagi merantau. Tapi gak tau juga caranya, hehe.. πŸ˜€
      Kalo soal semuanya pencitraan ya wajar kak, Pencitraan caleg itu penting sebenarnya agar dia lebih dikenal masyarakat, asalkan pencitraannya bener. Kalo ada yang sok-sok ngasih bantuan, padahal waktu belum jadi caleg belum pernah ngasih bantuan. Nah! Itu yg salah. πŸ™‚

  11. Jujur aku sampe sekarang masih tetep nggak pengen milih. mungkin bakalan jadi kayak Nisa (kisenosky) yang datang ke TPS lalu nggak milih siapapun. Melihat berita, dan lain lain, malah makin bikin aku nggak pengen memberikan kepercayaan ke siapapun yang mencalonkan diri. Bukan tidak memilih, tapi tidak merasa ada yang pantas untuk dipilih.

    1. Nah! Bener kata someg, Gak adil dong bilang semua caleg itu Kotor. Ada banyak kok yang bersih, cuma jarang tampil aja. Pemilu tahun ini kita harus lebih aktif mencari jejak rekam para caleg. Bisa cari aja di Google.com, Karena untuk anggota DPR-RI, dari 560 anggota, ada 501 anggota yang mencalonkan kembali. Kita tinggal ngetik nama mereka di Google dan lihat prestasi/kasus mereka. πŸ™‚
      Mendiamkan bukan solusi, Golput bukan solusi.

      Golput sama aja kek membiarkan orang-orang brengsek kembali terpilih. Golput hak semua orang, tapi pikirkan dampaknya ke masyarakat. Ketidakpedulian kita akan melahirkan anak-anak terlantar! Pelacur! Pencuri!

  12. Bener banget, kalo gak peduli sama politik efeknya ke hidup kita sendiri padahal. Karena yang mengatur kehidupan kita juga yang paling banyak berpengaruh adalah politik. Ayo ayo yang udah punya hak pilih, manfaatkan kesempatan ini. Saya masih belum 17th :”)

  13. nah gue setuju ama lo bang, sudah saatnya kita bertindak sekarang, kita menentukan siapa yang menjadi pemimpin kita dimasa mendatang kelak.
    Gue juga berharap banget sama mahasiswa ini loh, mereka kan pemimpin masa depan, jadi jangan GOLPUT . GOLPUT = HARAM πŸ™‚

  14. agak-agak dilema sebenernya Rik..
    enggak milih salah, milih takutnya jadi salah..
    jujur aja gue gak ada yang kenal sama caleg DPD atau DPRnya.. entah gue harus bagaimana, mau asal milih entar takutnya yang gue pilih, ternyata kepilih malah kelakuannya kayak kampret,, enggak milih juga kalo ntar yang kepilih kayak kampret gue gak bisa nyalah2in sapa2, orang gue aja enggak nyontreng… sampai saat ini gue belum ada kemantapan hati buat pemilihan legislatif nanti.

    1. Berarti lo hanya lihat keburukan para politisi dotz, Ada banyak kok Politisi-politisi yang baik dan berjuang memperjuangkan suara rakyat di DPR-RI. kalo lo belum ngenal calegnya, ya kita yg harus aktif mencari dan mengenal calegnya. Masa kita harus nunggu calegnya kampanye dulu.. Lah kalo dia bo’ong gimana? Haha.. Udah gak jamannya lagi menurut gue Pemuda apatis dengan ini, hari ini pemuda apatis, 3 tahun lagi paling ngeluh2 di sosmed. Karena gak ada yg bener. Makanya tentukan pilihan terbaik, pilih orang2 yg terbaik. πŸ™‚

  15. demi apapun yaa itu alasan milihnya absurd banget -_- 2009 udh nyontreng? lo udah tua ya rick ternyata :p gue baru nyontreng bupati, nyontrengnya cuma gara2 mukanya ganteng *iya kita sama* dan untuk tahun ini gue engga tau mau nyontreng apa engga πŸ˜€

    1. Yahh namanya juga masih baruuu.. :3
      -___-” gue gak tua2 amat sih, 2009 gue juga baru bikin KTP. Harus nyontreng dong!! Masa lo tega ngebiarin yg terpilih orang-orang brengsek! Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda harus memilih yg terbaik agar masyarakat juga memilih yg terbaik. πŸ™‚

  16. sumpah gue kesindir banget sama tulisan ini, gue selalu aja gak peduli sama hal kayak gitu, gue sampai gak tau tanggal berapa pemilu dan berapa surat suara yg bakal ada, disini gue jadi tau semuanya, gue bukan warga negara yg baik *elap ingus* πŸ˜₯

  17. Duh kak. Gue udah niat sih sebenernya buat jadi golput. Toh buat apa? Nyatanya suara rakyat memang dipake, tapi dibalik suaranya itu terdapat hal-yang-tersembunyi itu kan. Terlampau lelah dengan keadaan politik di Indonesia ini kak. Penuh caci maki. Muak sudaaah.

    Dan makin menjadi gue setelah ikut perkuliahan perekonomian indonesia kemaren malem. Penuh kebingisan orang-orang politik yang mengatasnamakan perwakilah rakyat. Perwakilan apaan? cih!!

    Ungkapan hati kak er. Maap yeee.

    1. Kalo gitu berhentilah melihat orang-orang Buruk yang berpolitik, coba tengok sejenak orang-orang baik, yang masih memperjuangkan suara rakyat. Gak semuanya Buruk kok, masih ada yang baik. Dan tugas kita adalah menemukan mereka dan memilih mereka untuk menjalankan politik. πŸ™‚

  18. pliiisss jangan golput, manfaatkan kesempatan yg adatk memilih pemimpin baru
    kalau udah cukup umur ya sebaiknya mantabkan diri untuk memilih pilihan hati, eeeehhhh

    tumben bahas politik nih Erick, cakep!

  19. Semangat muda , pikiran yang idealis , belum berkubang dalam racun kekuasaan yang nyata …. sungguhkah masih ada harapan ? Sungguhkah engkau percaya bahwa “setan yang belum teruji” lebih baik dari “setan yang telah teruji” ? Yakinkah engkau bahwa apa yang “baik” sekalipun kau pilih akan terus “baik” meskipun di sarang “jahat” ? Tidakkah engkau berpikir bahwa setiap pikiran , kebijakan yang dibuat oleh pemimpinmu adalah tidak sebebas-bebasnya untuk kepentingan rakyat ?

    Adalah lucu memandang Golput sebagai suatu pernyataan afirmatif untuk acuh tak acuh , ignorance dsb , adalah menggelikan bahwa Golput dipandang tidak bertanggung jawab dan tidak cerdas….Siapakah negara ? apakah negeri itu ? garis-garis batas tanah dan laut dan udara ? siapakah yang mencipta-nya ? siapa yang mengaturnya ? Mengapa itu perlu ? Kenapa harus ada ? Pernahkah engkau bertanya pada dirimu ? dan Apa jawabnya ?

    Politisi , partai dan pendukungnya selalu menggunakan analogi bahwa Golput seperti anak nakal , tidak bertanggung jawab , apatis , benalu ! dalam demokrasi. Propaganda itu tentu tidak mudah untuk dipertahankan , karena pada akhirnya rakyat ingin bukti bukan janji , rakyat ingin aksi bukan retorika , rakyat ingin fakta bukan imajinasi.

    “ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country” dipopulerkan oleh JFK saat peneguhannya sebagai US president , dipakai dan diulang ratusan bahkan ribuan kali oleh para politisi tanpa mengenal batas wilayah, sebagai alasan bahwa inilah jalan dan tiada pilihan …. SUNGGUHKAH ? pernahkah engkau bertanya mengapa dunia harus pernah mengalami 2 Perang Dunia , mengapa dunia pernah mengalami Kolonisasi yang begitu panjang ,kejam , keji dan terus berlangsung hingga saat ini ?

    Mungkinkah hal tersebut terjadi , bila tiada pemerintahan di dunia ini ? bila tiada alat dan mesin hegemoni kekuasaan di dunia ini ?

    Pemerintah bukanlah solusi melainkan permasalahan yang utama !

    Voters don’t decide issues, they decide who will decide issues.
    – George Will –

    best regards,

    MaMba

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s