Pahami dulu brohh. Baru Lawan!!

Mau Menang, Kenali dulu Korupsi

Kalo di dunia militer ada prinsip yang dalam bahasa anak mudanya “Mau Menang perang! Kenali dulu siapa Musuh lo”.  Nah! Kalo perang yang dimaksud adalah perang melawan korupsi, bisa dipastiin kita pasti kalah men… Kenapa? Karena masih banyak orang yang nggak tau apa sebenarnya korupsi itu.

Emang sih di kehidupan kita sehari-hari kita sering banget mendengar kata “korupsi” baik itu yg ngomong Pejabat, mahasiswa, Ibu-ibu sampai Tukang sayur pun tau kata itu. Tapi giliran ditanya artinya, Cuma sedikit dari mereka yang bisa ngejawab apa itu korupsi. #pfft

Korupsi apasih?

Menurut asal kata… Korupsi berasal dari kata berbahasa latin, corruption.  Kata ini punya kata kerja Corrumpere yang berarti Busuk, Rusak, Menggoyahkan, Memutarbalik atau Menyogok.

Menurut Transparency International…  Korupsi tuh perilaku pejabat publik atau pegawai negeri, yang secara gak wajar dan gak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengan mereka dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan ke mereka.

Nah! Kalo Menurut Hukum di Indonesia… Penjelasan lengkapnya ada dalam tiga belas pasal UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 21 Tahun 2001. Kalo menurut UU itu ada TIGA PULUH JENIS tindakan yang bisa dikategorikan sebagai Tindak Korupsi! #TolongDicatat!

Gara2 Korupsi

Ini adalah dampaknya gara2 korupsi yang merajalela di Negeri Tercinta ini. Yaa.. Selain bikin susah cari pacar tentunya. (Loh, Kok korupsi bisa bikin susah dapat pacar?) Yaaa.. pokoknya gitu dahh… Pokoknya semua gara2 Korupsi. :p #PembelanJomblo

1.      Penegakan Hukum dan layanan masyarakat jadi amburadul

Lalu lintas bisa jadi contoh yg pas kayaknya. Mulai dari pengurusan SIM (Surat Izin Mencintaimu Mengemudi) sampai dengan sidang kalo kena tilang, gak ada yg berjalan sebagaimana mestinya. Ujung-ujungnya pasti Duit dan kekuasaan lah yg bicara.  Nah! Kalo lo gak udah kere dan gak punya kekuasaan jangan harap deh bisa dapat layanan yang Oke atau keadilan di mata hokum.

2.      Pembangunan Fisik  Jadi Terbengkalai

Di daerah lo pasti ada aja jalanan rusak atau gedung sekolah yg reyot yg kalo ketiup angin dikit bakal rubuh. Yup, lagi2 itu karena Korupsi men.. Mulai dari ngorbanin kualitas bahan bangunan supaya duitnya bisa ditilep, sampe bikin proyek yg sebenarnya gak perlu. Misalkan nih pemerintah bikin Jembatan padahal disitu gak ada sungai sama skalii.. Lah! Terus jembatannya buat apa? -__- ada gunanya sih, bisa jadi tempat pacaran anak muda, tapi buat apa coba! Gak penting!! Lah wong gue gak punya pacar juga #pfft #Curcol

3.      Prestasi jadi gak berarti

Menurut gue orang yg bisa menduduki jabatan tertentu karena dia emang berprestasi dan kompeten dalam hal itu. Tapi coba lo lihat sekarang orang2 yg gak punya kemampuan memimpin bisa aja jadi pemimpin asalkan punya Uang dan Kekuasaan. Terlalu banyak posisi penting  yang diduduki oleh orang2 yang gak Becus. Yahhh dan akhirnya Masyarakat lagi deh yg kena getahnya. Huuftt..

4.      Demokrasi jadi gak Jalan

Contohnya kalo ada pemilihan kepala daerah, udah repot2 dipilih rakyat, sebagian dari mereka Cuma ngutamain kepentingan mereka yang punya Duit ketimbang yang milih mereka. Yaa kalo gini terus jangan heran kalo rakyat gak percaya lagi sama demokrasi.

5.      Ekonomi jadi ancurrr

Sekarang mah orang kalo mau bikin pabrik atau usaha harus nyogok sana-sini. Mau buka usaha dengan modal kecil bisa kalah sama perusahaan bermodal gede yang deket ama pemegang kekuasaan. Gak heran orang asing mulai males investasi di Indonesia. Soalnya mesti ngeluarin banyak duit buat nyogok #pfftt ujung2nya kita juga yang sengsara. Nyari kerja jadi susah bertahan hidup apa lagi.

Jenis2 Korupsi

Seperti yg gue udah tulis diatas, ada TIGA PULUH JENIS tindakan yang bisa dikategorikan korupsi, tapi karena kebanyakan gue gak bakal ngejelasin satu persatu Jenis2nya. Karen gue yakin dan percaya dari tulisan awal sampe sini aja kalian udah bosan bacanya karena kepanjangan. Jadi dari 30 jenis korupsi itu bisa dikelompokkan menjadi:

  1. Korupsi yang merugikan keuangan Negara
  2. Korupsi yang berhubungan dengan suap – menyuap
  3. Korupsi yang berhubungan dengan penyalahgunaan jabatan
  4. Korupsi yang berhubungan dengan pemerasan
  5. Korupsi yang berhubungan dengan kecurangan
  6. Korupsi yang berhubungan dengan pengadaan (barang)
  7. Korupsi yang berhubungan dengan gratifikasi (Hadiah)

Korupsi emang udah jadi permasalahan di Negara ini bahkan udah sejak dulu..

”ahh brooh.. ini karena pemerintahan SBY aja yg kotor, Lebih enak zamannya SOEHARTO rakyat makmur, gak ada korupsi men…”

What!! Tolong Bedakan antara Tidak ada Korupsi dan Korupsi yg tidak pernah diberitakan. Tidak ada berita tentang korupsi bukan berarti tidak korupsi men.. kalo kata bang Pandji Pragiwaksono :

“Zaman dulu bukan tidak ada korupsi, tapi tiap ada yang mau beritakan, antara Orangnya Hilang atau Medianya dibredel”

Zaman sekarang mah harusnya kita senang dengan dengan adanya pemberitaan korupsi di media, itu berarti korupsinya ketahuan dan diproses. :p

Yaahh.. perlawanan terhadap korupsi emang harus dimulai dari keseharian kita sih.. kita gak bisa terus-terusan berharap pada KPK.

“Banyak generasi muda bermental majikan, menganggap  untuk beresin korupsi urusan Pemerintah atau KPK” – Pandji Pragiwaksono

Tanpa sadar kita sering gak jujur dan melakukan korupsi, karena udah jadi kebiasaan dan bahkan kita gak sadar kalo itu korupsi. Gue juga pernah Korupsi, tapi sekarang gue sadar betapa munafiknya gue sering nulis, ngetweet atau apapun menyuarakan ttg anti korupsi terus gue masih korupsi. Korupsi bukanlah sebuah tindakan, korupsi itu buah dari kebiasaan.

Sekarang tanggal 9 Desember 2013 diperingati sebagai hari anti korupsi, gue punya harapan besar agar budaya Korupsi bisa dihilangkan. Mustahilkah? Gue rasa gak ada yg gak mungkin kalo kita mau coba memberantas korupsi dari keseharian kita. Beranikah kita jujur dalam segala hal? Kalau Berani Jujur, Hebat! 🙂

berani-jujur-hebat

 

Referensi: Buku Panduan Buat Ngelawan Korupsi KPK

Iklan

26 thoughts on “Pahami dulu brohh. Baru Lawan!!

  1. wah. bener banget nih.
    korupsi itu emang akar dari segala permasalahan kacaunya indonesia.
    padahal sih mereka udah kaya, tapi tetep mau lebih kaya lagi
    gak ada puasnya

    kalau ada waktu, main ke blogku juga ya

  2. pemahaman korupsi seharusnya sudah di terapkan sejak dini kepada anak-anak. karena dari merekalah generasi yang akan meneruskan perjuangan suatu negara. kalau dari kecil sudah berperilaku tidak jujur, samapi gede pun akan banyak koruptor yang menjamur.
    kalau orang yang tahu hukum dan pinter masalah korupsi malah ikut-ikutan korupsi hancurlah kita semua.

  3. Keren banget. Setuju banget, salah satu dampak korupsi itu paling keresa penegakan hukum jadi amburadul, apalagi kalo banyak uang, enak main sogok sana-sini.

    Bener banget, gak ada yang gak mungkin, kalo ada kemauan pasti ada jalan, tapi bisa dibilang berat, udah hampir semuanya terlibat korupsi

  4. berbicara soal gratifikasi kak, asumsi saya terhadap pemanadangan gratifikasi itu bukan hal yang aneh….. sadar tidak sadar, gratifikasi itu banyakkkkkkkkkk sekali. contohnya yang paling simple, saat kamu lulus sekolah, SD,SMP,SMA suka ngasih hadiah buat guru tercinta dan pihak sekolah. kelar PPL atau skripsi, kasih hadiah buat Dosen dan para pembimbing. dibilang lumrah, cuma hadiah kok. tapi TETEP itu termasuk kategori gratifikasi. bener gak?

    1. Yuupp! Sebenarnya itu contoh korupsi yg ada di sekitar kita gee. Cuman kadang kita nganggapnya biasa aja.. Wajar. Pdhal kalo dibiarin, ya kayak tersangka2 korupsi skrng mereka gak sadar mereka korupsi krna kebiasaan dr dulu emang gitu. 😀

  5. Kalo ngeliat orang yang jelek-jelekin koruptor tapi dia sendiri masih suka nyontek (korupsi nilai), ngaret (korupsi waktu), dan lain2nya, sentil aja..

    Bola matanya.

    Mulai dari diri sendiri dulu aja buat gerakan anti-korupsi mah.. hehe.

    1. Hahaha.. Iya vin, kadang gue kalo lihat temen yg berkoar2 Demo, tapi kerjaannya sering nitip absen. Gue pengen banget bilang. MATI AJA LOO!! Ngomong anti korupsi malah sering korupsi. Pfft

  6. Perbedaan korupsi zaman orde baru dan zaman SBY. Itu beda banget!
    Kata pak Anies Baswedan: korupsi sekarang lebih memakan dana apbn, yang notabene dialokasikan untuk rakyat. Berbeda dengan korupsi zaman orde baru yang pada umumnya ‘memakan’ dana-dana non-bujeter.

    Dan, dulu, sewaktu jaman orde baru yang jabatannya masih kecil. Gak ada yang berani buat korupsi. Sekalinya ketauan, langsung kena sikat tanpa jejak. Beda sama sekarang, baru pegawai gol.2a gayanya udah setinggi langit

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s