Sumpah Pemuda Masa Kini

“Ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan dan menciptakan perubahan” – Pandji Pragiwaksono

28 Oktober 1928 adalah bukti otentik bahwa Indonesia dilahirkan, Sebelum kita Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia sudah Bersatu!

Generasi muda Indonesia menyatukan Indonesia lewat sumpah ini.

Pertama!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Ya itulah SUMPAH PEMUDA!

sebelum itu, setiap daerah melawan penjajah mewakili daerah masing-masing. Setelahnya mereka bertanah satu. Tanah yang mereka injak bukanlah tanah jawa, tanah sumatra atau tanah sulawesi tapi tanah INDONESIA!

Dulu mereka berjuang dengan bahasa masing-masing, setelahnya menggunakan bahasa yang sama, untuk memperjuangkan bangsa yang 1 yaitu Indonesia!

Sekarang apa yang sudah kita lakukan bersama sebagai sebuah bangsa??? 

sekali lagi APA, YANG TELAH KITA LAKUKAN, BERSAMA SAMA, SEBAGAI SEBUAH BANGSA?

Kita sibuk dengan urusan masing masing sehingga kita lupa bahwa Sumpah Pemuda dicetuskan untuk menyatukan kita.  Tanggung jawab kita untuk pendahulu kita adalah setidaknya MELAKUKAN SESUATU BERSAMA SEBAGAI SEBUAH BANGSA.

Dengan perkembangan zaman saat ini Sumpah Pemuda harus disesuaikan, dengan tetap menghargai Perjuangan Pemuda pada zaman itu. Pemuda zaman sekarang harus Mempunyai Sumpah-sumpah baru. Berikut Sumpah Pemuda Masa Kini menurut saya :

1. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Akan Menjaga Nama Baik Indonesia

JAGA INDONESIA

Pemuda hari ini banyak yang pesimis dengan Negara ini, dengan kasus Korupsi yang tiap hari selalu menjadi Topik pemberitaan di Media. Padahal semua sejarah menyatakan bahwa perubahan dibawa oleh pemudanya. Karena dari itu Mulai saat ini Pemuda harus menjaga Nama Baik Indonesia dengan rasa Optimis bahwa suatu saat nanti INDONESIA akan menjadi Bangsa yang Besar dan Bermartabat. dan untuk mencapai hal itu harus dimulai dari pemuda.

2. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Menjaga Keberagaman Indonesia

Page_2

Indonesia sebagai Negara Kepulauan terbesar di dunia, mempunyai Banyak macam Suku. Keberagaman? itudalah Indonesia. mulai dari Keberagaman Suku, Agama dan banyak Hal yg Menjadi Ciri Khas Indonesia. namun hari ini Banyak terjadi Konflik akibat dari keberagaman ini. Padahal kita mengenal Pancasila, Dasar negara, tempat di mana semua suku, agama, keragaman, berpijak. Dasar yg mempersatukan perbedaan kita. karena itu para pemuda  harus benar-benar belajar menyikapi perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika itu kan maknanya berbeda beda tapi tetap (ber)satu. Berbeda beda bisa dalam suku, ras, golongan dan agama. 🙂

3. Kami Putra dan Putri Indonesua Bersumpah Tidak Akan Membiarkan Orang di Sekitar Kita Kesusahan

Page_3

Nah! ini salah satu yg menurut saya penting, Ingin Membangun Indonesia menjadi lebih baik harus dimulai dari diri sendiri dan Lingkungan kita. Pemuda hari ini banyak yg Apatis melihat keadaan sekitarnya. Banyak Menuntut agar Pemerintah membantu masyarakat miskin atau melihat lingkungan sekitarnya yang kotor karena sampah. Padahal semuanya bisa dilakukan sendiri. Ketika ada tetangga kita yang kelaparan apakah kita akan menunggu pemerintah memberi dia makan? Mari kita mulai dari diri sendiri, karena jika Setiap Pemuda Peduli dengan lingkungan sekitarnya maka suatu saat tidak ada yang akan kesusahan di negeri ini. 🙂

itulah Sumpah pemuda Masa Kini Versi saya,  Ada orang yang skeptis bisa mengubah Indonesia. Ada yang optimis. Banyak pemuda yang selalu mempertanyakan kemajuan bangsanya. Padahal, semua sejarah menyatakan bahwa perubahan dibawa oleh pemudanya.  sekarang Coba lempar pertanyaan itu kepada diri kita sendiri, dan bergeraklah. Sekecil apa pun (Pandji Pragiwaksono). 🙂

Iklan

47 thoughts on “Sumpah Pemuda Masa Kini

  1. dengan ngebaca postingan ini artinya bocil udah ikutan bersumpah untuk Indonesia belum sih kaker?
    Bocil suka point terakhir, “3. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Tidak Akan Membiarkan Orang di Sekitar Kita Kesusahan”
    Bocil malah inget sifat Bapak, padahal pada bukan pemuda lagi. semoga bocil bisa kaya bapak 🙂

  2. Dear Vloggers,
    Tolong kirim data-data berikut untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana[at]viva.co.id dengan di beri subjek “Neo Sumpah Pemuda”. Data berupa: Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.
    Trims.

  3. Indonesia adalah negara kaya negara surga..
    Apapun yg terjadi, apapun masalah…bangsa nasionalisme akan ttp bertahan di tanah airnya…
    Kesadaran bangsa/pemuda untuk memajukan negaranya merupakan langkah awal penanaman rasa cinta terhadap negeri ini..
    yuk berbuat hal positif untuk negeri ini..

  4. memang menjaga keberagaman itu penting…banyak hal yg jg dilupakan mulai dari hal terkecil bahkan…untuk bersatu padahal bisa dilakukan dikeluarga, membangun kesatuan antar tetangga,rekan kerja dan lingkungan sekitar kita…gak melulu mesti nunggu pemerintah buat turun tangan…semoga sumpah pemuda bisa benar2 diterapkan secara nyata oleh pemuda pemudi indonesia.

  5. Bismillah, semoga bisaaa. demi kemajuan Indonesia! paling miris pas bagian “Pemuda hari ini banyak yang pesimis dengan Negara ini, dengan kasus Korupsi yang tiap hari selalu menjadi Topik pemberitaan di Media.” :'(((

  6. Nah, ini sumpah pemuda versi kini. tentang problematika masa kini. Semoga pemuda sekarang bisa semakin cerdas sehingga ngga mudah tercerai berai. Mantap!

  7. gue suka yang terakhir banyak pemuda saat ini yang kurang perhatian dengan lingkungannya sehingga ketika ada orang disekitarnya yang mengalami musibah meraka sama sekali tidak peka, gue sekarang juga mulai belajar untuk menerapkan yang ketiga dengan komunitas pemuda peduli dhuafa yang dibikin bersama teman-teman 🙂

  8. Wih, keren banget rick. Opini lo tentang sumpah pemuda.
    Ini mengingatkan gue, dengan apa yang soekarno katakan. ” Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”.

    Anyway, Good luck untuk lombanya. Gue bikin juga, ga sempet. :’3

  9. Sumpah tidak akan membiarkan orang di sekitar kita kesusahan itu yang sebenarnya susah sekali. Rasanya banyak orang ingin mementingkan diri sendiri, sementara yang lain belum seberuntung dia..

  10. Cakep … 😀
    Suka yang versi lo Rik.
    1. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Akan Menjaga Nama Baik Indonesia >< Pedulialah dengan orang-orang tunakarya, tunapiski, dan ikan tuna lainnya. Mereka juga manusia yang perlu diperhatikan. Insya Allah dapat pahala dan ganjaran akhirat yang baik. Amin … (/-,-\)

  11. Cakep … 😀
    Suka yang versi lo Rik.

    1. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Akan Menjaga Nama Baik Indonesia >< Pedulialah dengan orang-orang tunakarya, tunapiski, dan ikan tuna lainnya. Mereka juga manusia yang perlu diperhatikan. Insya Allah dapat pahala dan ganjaran akhirat yang baik. Amin … (/-,-\)

  12. wah!! keren nih bang, kepikiran gitu ya bikin sumpah pemuda yang baru. tapi bener juga sih, jaman kan udah beda, jadi sumpahnya juga harus diupdate, biar tetep fleksibel sama perkembangan jaman! gue suka banget sama ini postingan.

  13. wahh ini lomba yang itu yah kaker…duh sy gak sempat ikut.. sukses yah buat GAnya… kaker memang kreatif… soempah pemoeda versi kaker it boleh juga lbh mengarah pada interaksi sosial.. oia klu di pikir2 knp cb soempah pemoeda yg sbnrnya hanya mementingkn yg namanya persatuan??

  14. Suka deh sama sumpah pemuda versi kaker. Tapi yang wajib di catat adalah jangan hanya berani bersumpah tanpa action. Ingat juga, segala sesuatu yg keluar dari lisan kita akan ada pertanggung jawabannya *jlebb*
    Catatan buat aku juga nih, selama ini masih aja suka ngeluhin segala kebobrokan negara tapi ga ada action. Ohh god, maafin aku T_T
    Finally, Selamat hari sumpah pemuda !

Abis baca-baca gak mau komentar dulu nih? Sinilah.. diskusi kita. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s