Sumpah Pemuda Masa Kini

“Ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan dan menciptakan perubahan” – Pandji Pragiwaksono

28 Oktober 1928 adalah bukti otentik bahwa Indonesia dilahirkan, Sebelum kita Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia sudah Bersatu!

Generasi muda Indonesia menyatukan Indonesia lewat sumpah ini.

Pertama!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga!

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Ya itulah SUMPAH PEMUDA!

sebelum itu, setiap daerah melawan penjajah mewakili daerah masing-masing. Setelahnya mereka bertanah satu. Tanah yang mereka injak bukanlah tanah jawa, tanah sumatra atau tanah sulawesi tapi tanah INDONESIA!

Dulu mereka berjuang dengan bahasa masing-masing, setelahnya menggunakan bahasa yang sama, untuk memperjuangkan bangsa yang 1 yaitu Indonesia!

Sekarang apa yang sudah kita lakukan bersama sebagai sebuah bangsa??? 

sekali lagi APA, YANG TELAH KITA LAKUKAN, BERSAMA SAMA, SEBAGAI SEBUAH BANGSA?

Kita sibuk dengan urusan masing masing sehingga kita lupa bahwa Sumpah Pemuda dicetuskan untuk menyatukan kita.  Tanggung jawab kita untuk pendahulu kita adalah setidaknya MELAKUKAN SESUATU BERSAMA SEBAGAI SEBUAH BANGSA.

Dengan perkembangan zaman saat ini Sumpah Pemuda harus disesuaikan, dengan tetap menghargai Perjuangan Pemuda pada zaman itu. Pemuda zaman sekarang harus Mempunyai Sumpah-sumpah baru. Berikut Sumpah Pemuda Masa Kini menurut saya :

1. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Akan Menjaga Nama Baik Indonesia

JAGA INDONESIA

Pemuda hari ini banyak yang pesimis dengan Negara ini, dengan kasus Korupsi yang tiap hari selalu menjadi Topik pemberitaan di Media. Padahal semua sejarah menyatakan bahwa perubahan dibawa oleh pemudanya. Karena dari itu Mulai saat ini Pemuda harus menjaga Nama Baik Indonesia dengan rasa Optimis bahwa suatu saat nanti INDONESIA akan menjadi Bangsa yang Besar dan Bermartabat. dan untuk mencapai hal itu harus dimulai dari pemuda.

2. Kami Putra dan Putri Indonesia Bersumpah Menjaga Keberagaman Indonesia

Page_2

Indonesia sebagai Negara Kepulauan terbesar di dunia, mempunyai Banyak macam Suku. Keberagaman? itudalah Indonesia. mulai dari Keberagaman Suku, Agama dan banyak Hal yg Menjadi Ciri Khas Indonesia. namun hari ini Banyak terjadi Konflik akibat dari keberagaman ini. Padahal kita mengenal Pancasila, Dasar negara, tempat di mana semua suku, agama, keragaman, berpijak. Dasar yg mempersatukan perbedaan kita. karena itu para pemuda  harus benar-benar belajar menyikapi perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika itu kan maknanya berbeda beda tapi tetap (ber)satu. Berbeda beda bisa dalam suku, ras, golongan dan agama. 🙂

3. Kami Putra dan Putri Indonesua Bersumpah Tidak Akan Membiarkan Orang di Sekitar Kita Kesusahan

Page_3

Nah! ini salah satu yg menurut saya penting, Ingin Membangun Indonesia menjadi lebih baik harus dimulai dari diri sendiri dan Lingkungan kita. Pemuda hari ini banyak yg Apatis melihat keadaan sekitarnya. Banyak Menuntut agar Pemerintah membantu masyarakat miskin atau melihat lingkungan sekitarnya yang kotor karena sampah. Padahal semuanya bisa dilakukan sendiri. Ketika ada tetangga kita yang kelaparan apakah kita akan menunggu pemerintah memberi dia makan? Mari kita mulai dari diri sendiri, karena jika Setiap Pemuda Peduli dengan lingkungan sekitarnya maka suatu saat tidak ada yang akan kesusahan di negeri ini. 🙂

itulah Sumpah pemuda Masa Kini Versi saya,  Ada orang yang skeptis bisa mengubah Indonesia. Ada yang optimis. Banyak pemuda yang selalu mempertanyakan kemajuan bangsanya. Padahal, semua sejarah menyatakan bahwa perubahan dibawa oleh pemudanya.  sekarang Coba lempar pertanyaan itu kepada diri kita sendiri, dan bergeraklah. Sekecil apa pun (Pandji Pragiwaksono). 🙂

Iklan