[REVIEW BUKU] BERANI MENGUBAH – @pandji Pragiwaksono

IMG-20130630-00244

 

Penulis : Pandji Pragiwaksono

Penerbit : PT. Bentang Pustaka

198 Halaman

Desember 2012

 

“Banyak yang bertanya, setelah nasionalisme, lalu apa?

Ada orang yang skeptis bisa mengubah Indonesia.

Ada yang optimis.

Banyak pemuda yang selalu mempertanyakan kemajuan bangsanya. Padahal, semua sejarah menyatakan bahwa perubahan dibawa oleh pemudanya.

Coba lempar pertanyaan itu kepada diri kita sendiri, dan bergeraklah. Sekecil apa pun.

Saya memang gerah, dan saya memilih untuk tidak menyerah.”

 

Oke sebelumya ini adalah pertama kali gue nulis Review ttg Buku. Jadi kalo ada salah2 mohon maap yee.. masih Newbie dalam dunia per-Review-an #halah

Beberapa hari yang lalu gue kebetulan dapat uang lebih hasil ngemis di lampu merah (ya enggalah, ini hasil nyolong) :p hal pertama yg ada di pikiran gue adalah beli buku.

Awalnya gue bingung buku apa yg harus dibeli. Hingga akhirnya di suatu malam yg dingin, sendirian, dan kesepian saat lagi BlogWalking gue nyasar di Blognya @pandji (pandji.com). yaa ini bukan pertama kali gue baca Blognya @pandji, gue emang sering baca blognya kalau dia Post tulisan baru.

Gue emang suka tulisan2nya @pandji yang asik, lucu, konyol. Tapi selalu ada pelajaran yg bisa kita ambil disetiap tulisannya (menurut gue). Dan yg gak gue sadari selama gue berkunjung di blognya @pandji ada 1 halaman dimana dia menyediakan karyanya untuk bisa di download. Disitu ada buku NASIONAL.IS.ME dalam format PDF. Setalah gue download dan gue baca, ternyata tulisan2 @pandji di bukunya itu sangat menginspirasi. Nah dari situ tergeraklah gue pengen beli buku ke 3 @pandji yg Berani Mengubah. Daripada gue nunggu Buku dalam format PDFnya mendingan gue beli. 😀

Buku ini emang udah terbit dari Bulan Desember tahun lalu, tapi gue rasa apa yg ada dibuku ini WAJIB dibaca sama anak muda yg masih optimis dengan Indonesia.

Di dalam buku ini ada 8 BAB, sedikit? Iya memang “Jangan terkecoh dengan jumlah halamannya. Kalau diterapkan dengan benar, belum tentu Anda bisa menamatkan buku ini dalam waktu lima tahun. Pada akhir setiap bab, ada AKSI PERUBAHAN yang bisa Anda lakukan kalau Anda mau dan mampu” ~ @pandji

Nah dibuku ini kita akan belajar ttg banyak hal, mulai dari belajar politik, belajar hukum, belajar ekonomi, Memahami Indonesia, dll.

Ada beberapa yg dibahas oleh bang @pandji yg menurut gw itu menarik. Ada pembahasan tentang BBM, Perbedaan antara Rezim Presiden Soeharto dan Rezim Presiden SBY, bahkan ada diskusi @pandji dengan “Asosiasi Ateis Indonesia” serta disetiap akhir BAB buku ini ada aksi perubahan yang bisa kita lakukan.

Yang gue lihat dari buku ini adalah @pandji coba memberikan pemahaman kepada kita, sebagai anak muda ttg menghargai perbedaan, dan bagaimana agar pemuda tidak acuh dengan kondisi sosial, negara kita saat ini. Pokoknya bagus deh.. coba aja baca.. 🙂

 

Ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan dan menciptakan perubahan

Iklan